Yang Seger dan Mudah Dijangkau dari Air Terjun Tegenungan

air-terjun-tegenunganMenikmati wisata air terjun memang menyenangkan ya travelers. Gak cuma bisa jadi tempat dengan segudang insprasi namun juga cukup menyejukkan kala mata memandang. Dan juga kita bisa basah-basahan main air yang segar. Tapi nih travelers, kalian gak perlu buat jauh-jauh mendaki gunung atau bukit demi bisa menikmati keindahan dan kesegaran air terjun. Karena ternyata di dataran rendah pun kita bisa menikmati keindahan air terjun yang kesegaran dan keindahannya gak kalah dengan air terjun yang ada di dataran tinggi. Kalau gak percaya langsung aja deh datang ke Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Namanya Air Terjun Tegenungan yang pas banget dikunjungi seusai berpanas-panasan dan berdesakan di Pasar Sukawati. Hal ini karena memang lokasi air terjun dan pasar tak terlalu berjauhan. Jadi sebelum beranjak dari Sukawati ke Denpasar, jangan lewatkan buat mengunjungi air terjun ini dulu ya travelers.

tegenunganGak cuma deket, namun untuk bisa menikmati keindahan alam Air Terjun Tegenungan, biaya yang harus dikeluarkan juga murah banget. Cukup dengan Rp 4.000 bagi dewasa dan Rp 2.000 bagi anak-anak, travelers sudah bisa menikmati pemandangan indah dan kesegaran dari Air Terjun Tegenungan. Belum lagi karena lokasinya yang di pusat Sukawati, membuat fasilitas di sekitar air terjun cukup lengkap, mulai dari tempat parkir yang memadai hingga jajaran penjual kuliner yang bisa travelers datangi saat perut memanggil. Semuanya itu berlokasi di bibir tebing, sebelum travelers masuk ke air terjun. Dari sini saja travelers sudah bisa menikmati keindahan alam Air Terjun Tegenungan, yang bisa menjadi teman yang begitu indah untuk bersantap siang. Aliran air yang akan menuju air terjun dan sesudahnya juga nampak menakjubkan dan bisa dilihat dari bibir tebing kala travelers memarkir kendaraan maupun bersantap siang. Belum lagi hamparan sawah penduduk yang begitu luas dan sejumlah pepohonan hijau yang begitu lembat menghiasi sekitar air terjun semakin membuat pemandangan  Air Terjun Tegenungan bertambah menakjubkan. Meski termasuk wisata favorit di Gianyar namun kelestarian dan keindahan alam Air Terjun Tegenungan tetap terjaga.

tangga menuju air terjun tegenunganMelihat semua keindahan tersebut, travelers tentunya gak tahan dong untuk segera menikmati kesegaran Air Terjun Tegenungan. Dari bibir tebing, travelers tinggal menuruni 150 anak tangga untuk sampai ke air terjun. Memang bukan jumlah yang sedikit, tapi gak masalah dong demi bisa menikmati keindahan alam Air Terjun Tegenungan. Apalagi tangga tersebut telah dibuat permanen demi memberikan kenyaaman dan keamanan bagi travelers. Meski akses dan fasilitas yang cukup mudah dan lengkap, bukan berarti Air Terjun Tegenungan tidak punya sensasi petualangannya loh. Karena dari anak tangga tersebut, travelers perlu melanjutkan dengan melewati satu batu ke batu yang lain dan juga dari satu tebing ke tebing yang lain. Di beberapa kesempatan batu dan tebing tersebut begitu licin sehingga travelers perlu untuk berhati-hati dengan berpegangan pada seutas tali kala melintas di sini. Ketinggian Air Terjun Tegenungan sendiri sebenarnya tidak terlalu tinggi, hanya 4 meter saja. Namun air terjun ini tetap layak untuk dikunjungi karena debit airnya yang begitu besar sehingga membuat Air Terjun Tegenungan nampak begitu lebar. Belum lagi keberadaan sejumlah bebetuan yang ada di puncak maupun di area jatuhnya air yang semakin membuat pemandangan Air Terjun Tegenungan kian menakjubkan, unik, dan berbeda dari pada umumnya. Jika dilihat dari ketinggian, nampak terjunan Air Terjun Tegenungan kala jatuh menyerupai kelopak bunga. Travelers bisa datang sendiri untuk menyaksikan kebenaran tersebut.

Air Terjun TegenunganMenikmati kesegaran Air Terjun Tegenungan gak hanya bisa dilakukan dengan berdiri di bawah terjunan namun bisa juga dilakukan di pancuran-pancuran yang berada di sekitar air terjun. Menikmati air di pancuran ini jauh lebih aman karena di bawah terjuanan Air Terjun Tegenungan terdapat bebatuan yang jika tidak berhati-hati kita bisa tergelincir. Air Terjun Tegenungan ternyata tidak hanya dimanafaatkan untuk obyek wisata namun juga dimanafaatkan oleh masyarakat sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari, mulai dari mendi, mencuci, hingga air minum. Tentunya dengan kebersihan dan kejernihan Air Terjun Tegenungan masyarakat di sana tak perlu khawatir akan kualitas dari Air Terjun Tegenungan. Kalau malas basah-basahan, travelers bisa mengisi waktu dengan hunting foto pemandangan di sekitar air terjun. Namun lebih baik aktivitas ini dilakukan pada siang atau sore hari demi menghindari gambar yang terbakar karena terlalu banyak cahaya yang mask pada kamera. Hal ini disebabkan posisi air terjun yang menghadap ke barat yang membuat pengambilan gambar di pagi hari terlalu banyak cahaya yang masuk.

Air Terjun Tegenungan (1)Usahakan jangan habiskan tenaga untuk bermain di air terjun ya travelers. Pasalnya kala kembali ke bibir tebing kamu memerlukan stamina yang kuat untuk bisa melewati kembali jalanan berbatu dan 150 anak tangga yang tadi. Kalau nyampai tempat parkir lapar lagi, ya makan lagi aja di warung yang ada di sana. Eits, tapi jangan lupa buat jaga kebersihan selama di Air Terjun Tegenungan ya. Biar keindahan dan kelestarian alamnya tetap terjaga dan bisa dinikmti hingga nanti. Jadi gak perlu jauh-jauh ke dataran tinggi kalau mau menikmati wisata air terjun. Kalau mau kunjungan ke Air Terjun Tegenungan makin mudah dan gak pakek ribet, ikutan tour murah Bali aja yang dijamin murah tapi pelayanan tetap ramah dan menyenangkan. Yuk eskplore Bali lebih mendalam lagi, salah satunya dengan berkunjung ke air terjun yang satu ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *