Wisata Kuliner di Pasar Sindhu

Pasar-Tradisional-Sanur-Bali-1024x682Sudah berkeliling Bali tapi gak nemu Pasar Sindhu? Jelas aja, nama asli dari Pasar Sindhu adalah Pasar Ramah dan Segar. Unik kan namanya? Pemberian nama unik pada pasar tradisional di Sanur ini karena masyarakat di pasar ini selalu ramah baik ketika sedang melakukan tawar menawar, dan segar karena semua bahan pokok yang di jual di sini merupakan produk segar. Pasar Ramah dan Segar ini memang merupakan pasar tradisional dan selalu identik dengan pasar yang kumuh, kotor dan tidak tertata, namun setelah direvitalisasi dan diresmikan pada tahun 2010 lalu Pasar Ramah dan Segar berubah menjadi pasar yang bersih dan nyaman. Namun warga sekitar Sanur lebih sering menyebut Pasar Ramah dan Segar dengan Pasar Sindhu. 

Pasar-Tradisional-Sindu-Sanur-Bali2-1024x682Pasar yang terletak di Jalan Danau Temblingan ini seperti kebanyakan pasar tradisional lainnya yang ada di Bali, menyediakan segala kebutuhan hidup sehari-hari. Dibagi menjadi 3 los utama yakni Los A untuk para  pedagang yang menjual perlengkapan untuk upacara agama dan buah-buahan. Los B untuk para pedagang sembako dan jajanan khas Bali, dan Los C untuk pedagang yang menjual daging dan ikan. Sebagai pasar tradisional tentu saja pengunjungnya adalah warga lokal, namun di Pasar Sindhu ini banyak sekali turis asing yang berbelanja untuk kebutuhan pokok mereka. Sebagian besar mereka berbelanja di Pasar Sindhu ini untuk berburu buah-buahan lokal yang hanya ada di Indonesia seperti Manggis, Salak, Durian dan banyak lainnya.

Pasar-Tradisional-Sindu-Sanur-Bali3-1024x768Lalu di mana wisata kulinernya? Eiits, sabar. Pasar Sindhu memang hanya menyediakan berbagai kebutuhan hidup, dan buka hingga jam 12-13 WITA. Namun ketika menginjak petang pasar ini kembali ramai. Ramai dengan para penjual makanan dan para wisatawan yang ingin berburu makanan tentunya. Jika sudah malam maka Pasar Sandu kadang disebut Pasar Senggol. Di sini tersedia banyak sekali jenis makanan dan jajanan, jangan khawatir akan makanan yang tidak halal, justru Pasar Sindhu terkenal akan makanan halalnya 🙂

dsc_2768Semua jenis makanan ada di sini, dari makanan ringan, berat maupun aneka minuman segar. Makanan yang paling banyak dijual di sini adalah makanan khas Bali dan Jawa, jadi jangan heran ya guys kalo kalian menemukan banyak sekali orang Jawa yang sedang berkuliner di sini 😀 Untuk masalah rasa, jangan diragukan guys. Meski hanya pedagang kaki lima, Pasar Sindhu ini udah terkenal sebagai pusatnya wisata kuliner di Sanur pada malam hari. Tidak hanya orang lokal yang berkunjung di sini, para turis asing pun banyak yang menyambangi Pasar Sindhu ketika malam hari, tentu saja untuk merasakan kuliner asli khas Bali. Sayang Pasar Sindhu ini hanya buka hingga jam sepuluh malam.

 

Referensi :

http://plesiryuk.com/objek-wisata-di-sanur/wisata-belanja-di-pasar-tradisional-sindu-sanur-bali

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *