Wisata Air Panas Angseri

Air-Panas-Angseri-1Mandi air panas memang menyegarkan dan bisa menghilangkan rasa penat setelah aktivitas seharian. Apalagi jika mandi di pemandian air panas alami yang memiliki kandungan belerang, tak hanya rasa penat yang hilang namun juga kuman-kuman penyebab penyakit kulit ikutan pergi. Nah di Bali ada salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan hal ini. Uniknya di tengah pemandian air panas tersebut juga terdapat air terjun dengan airnya yang hangat dan jernih juga memiliki kandungan belerang. Wisata ini berlokasi di Banjar Munduk Lumbang, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Tabanan dan hanya berjarak sekitar 15 menit dari Bedugul. Sementara jika dari Jatiluwih malah jauh lebih dekat lagi, yakni hanya 5 menit perjalanan.

Pemandangan-alam-seputaran-wisata-alam-AngseriDengan lokasi Air Panas Angseri yang berada di ketinggian 700 meter dari permukaan laut, tepatnya di kaki Gunung Barukaru, suasana hijau akan menyapa pengunjung selama perjalanan. Pemandangan hijau dari sawah-sawah yang terbentang dengan luas dan sejumlah pepohonan yang rimbun nampak indah dan mempesona. Sejumlah pohon kelapa dan pakis terlihat berda diantara rimbunnya hutan bambu yang lebat. Badan yang lelah karena segala segala kepenatan dan rutinitas sehari-hari disejukkan dengan pemandangan hijau dari tanaman-tanaman tersebut. Rasa lelah semakin terobati ketika sudah menceburkan diri di kolam pemandian air panas yang hangat. Pemandian air panas ini memiliki suhu mencapai 48 derajat celcius dengan debit airnya yang cukup besar. Selain itu dengan khasiatnnya yang bisa mengobati berbagai penyakit kulit, membuat Air Panas Angseri banyak didatangi sejumlah wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara.

air panas angseriSebelum dibuka untuk umum, Air Panas Angseri merupakan pemandian tradisional masyarakat sekitar. Kemudian karena keinginan untuk mendapatkan pemasukan lebih, selain dari pertanian karena umumnya masyarakat Banjar Munduk Lumbang menjadi petani, maka mereka berembug untuk menjadikan pemandian air panas tersebut sebagai tempat wisata dan dibuka untuk umum. Karenanya, sebanyak enam orang perwakilan warga mulai membuka tempat tersebut sebagai tempat wisata pada bulan Oktober 2007. Selajutnya, 80 orang yang tergabung dalam kelompok Alam Angseri mulai merasakan manfaat lebih dari dibukanya Air Panas Angseri sebagai tempat wisata dengan mulai membentuk badan hukum CV.

Air-Panas-AngseriSelama berendam di Air Panas Angseri, tak hanya pemandangan hijau yang menyejukkan mata yang menjadi teman, namun juga diiringi dengan suara gemericik air terjun yang ada di tengah-tengahnya. Suasana bersantai pun semakin lengkap sehingga bisa menghanyutkan perasaan wisatawan dan membuat mereka betah berlama-lama di sana. Tak jauh dari air terjun, tepatnya di sisi selatan air terjun, terdapat pura kuno yang diberi nama Pura Puncak Tinggah. Agar semakin banyak pengunjung yang betah berlama-lama di pemandian Air Panas Angseri, pihak pengelola menyiapkan sejumlah fasilitas, seperti satu kolam air panas terbuka untuk dewasa dan satu kolam air panas terbuka untuk anak-anak. Untuk kolam anak-anak pengelola juga melengkapinya dengan perosostan dan ayunan sehingga mereka semakin betah berlama-lama di pemandian Air Panas Angseri.

air-panas-angseri (1)Jika pengunjung menginginkan suasana yang lebih tertutup, pengelola juga menyediakan biliki-bilik yang bisa digunakan untuk lima orang sekaligus. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk menyewa bilik tersebut. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan kualitas airnya karena air yang ada di bilik bersuhu 46 derjat dengan kandungan belerang yang tinggi. Selain itu juga tersedia toilet yang memadai, restoran untuk tempat pengunjung bersantap dan juga area parkir yang luas. Jadi buat para wisatawan yang menginginkan terapi kulit bisa berkunjung ke pemandian Air Panas Angseri.

Refrensi:

http://www.anythingbali.com/air-terjun-di-tengah-air-panas-angseri/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *