Tegalalang, Wisata Persawahan Yang Menakjubkan

tegalalang-villagePernah melihat iklan di salah satu televisi swasta yang memperlihatkan pemandangan sawah terasering yang hijaunya menyejukkan mata? Ingin merasakan keindahan tersebut dengan mata kepala sendiri? Kalian bisa berkunjung ke Tegalalang yang berada di Ubud Bali. Para turis mancanegara sangat menyukai pemandangan terasering atau sawah berundak yang sangat menyejukkan mata ini. Bertani masih menjadi profesi yang mendominasi di Bali, karena itu masih banyak areal persawahan di berbagai sudut di Bali, namun hanya beberapa daerah saja yang persawahannya berbentuk terasering atau berundak. Banyaknya minat wisatawan asing terhadap pemandangan persawahan dimanfaatkan dengan baik oleh pengembang pariwisata yang ada di Bali dan jadilah wisata persawahan.

Tegalalang-Rice-Teracce-1Wisata persawahan yang sudah sangat terkenal adalah Jatiluwih yang menjadi kebanggan masyarakat Bali. Bahkan sawah terasering Jatiluwih sudah menjadi ikon Bali di mana-mana, biasanya kalian akan menemukan foto persawahan terasering yang sangat hijau dan difoto tersebut kalian juga akan melihat ibu-ibu dan para gadis yang sedang berjalan mengenakan pakaian adat Bali sambil membawa sajen di atas kepala mereka. Nah yang akan kita bahas kali ini adalah Tegalalang. Wisata yang terletak di Ubud sebelah utara ini gampang sekali untuk ditemukan. Letaknya yang sangat bedekatan dengan lokasi wisata seperti Goa Gajah dan Kintamani membuat membuat tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan asing.

TEGAL-1_0.main storyKebanyakan para turis asing ini menikmati pemandangan sawah berundak Tegalalang dengan bersepeda santai, namun ada cara lain bagi kalian yang sedang malas untuk berkeringat. Di pinggir jalan Desa Tegalalang kalian akan menemukan banyak warung dan restoran yang berjejer, kalian bisa mampir ke salah satu warung atau restoran tersebut, pilih tempat yang menghadap langsung ke arah sawah terasering ya. Kalian bisa bersantai dan makan siang di sana. Dengan pemandangan indah dari terasering Tegalalang nafsu makan kalian akan bertambah dan tentu saja menambah kenikmatan santap siang kalian. Jangan lupa untuk berfoto ya, hijaunya persawahan Tegalalang akan terllihat sangat indah di kamera kalian 😉

bali9Memang jika dibandingkan dengan Jatiluwih area persawahan terasering di Tegalalang lebih kecil, namun yang membuat para turis kesengsem dengan pemandangan di sini adalah lereng di Desa Tegalalang sangat miring sehingga terciptalah pemandangan terasering yang unik dan sangat memukau. Masih belum puas dengan pemandangan sawah yang ada di Tegalalang? Kalian bisa mencoba Warung D’Sawah yang ada di Jalan Kerobokan Kelud – Kuta Utara, restaurant ini mengusung konsep pemandangan sawah di tengah kota, jadi selagi makan kalian juga bisa menikmati pemandangan sawah yang indah. Restaurant Warung D’Sawah juga terkenal dengan menu bebek gorengnya, tidak ada salahnyaberkunjung ke sana jika kalian sedang berada di Kuta. Balik lagi ke Tegalalang, selain menikmati pemandangan wisata yang sangat stunning kalian juga bisa menikmati keindahan Ubud yang lainnya, salah satunya adalah Sungai Ayung. Sungai Ayung tekenal dengan kegiatan Arung Jeram yang mampu memacu adrenalin kalian.

 

Referensi :

http://www.rentalmobilbali.net/sawah-terasering-ubud/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *