Si Kembar yang Perawan dari Buleleng

buyanPerawan yang dimaksudkan di sini adalah danau yang masih sangat asri ya guys. Biasa disebut dengan nama Danau Kembar, Danau Buyan dan Danau Tamblingan adalah dua danau yang terletak bersisian dan berada di Kabupaten Buleleng. Awalnya dua danau ini merupakan tiga danau kembar yang terbentuk dalam sebuah kaldera besar, yakni Danau Buyan, Danau Temblingan dan Danau Baratan. Namun karena Danau Baratan sudah masuk dalam wilayah Kabupaten Tabanan, maka Danau Buyan dan Danau Temblingan lah yang terkenal dengan sebutan Danau Kembar.

danau-buyan-dan-tamblinganDanau Buyan terletak di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada sedangkan Danau Tamblingan terletak di kasawan Desa Munduk Kecamatan Banjar dan berada di lereng Utara Gunung Lesung. Dua danau ini sangat terjaga keasriannya. Saking asrinya kalian tidak akan menemukan kapal motor yang mengantar para wisatawan untuk berkeliling danau seperti tempat wisata danau yang lainnya. Penduduk sekitar memang dengan sengaja tidak menyediakan perahu motor untuk menjaga kawasan danau tetap asri, damai dan tenang. Untuk berkegiatan di danau, penduduk sekitar biasa menggunakan perahu kecil yang biasa disebut ‘pedahu’.

Jika kalian berkunjung ke sini, kalian tidak akan mendengarkan suara deru motor dan kebisingan lainnya. Suasana di kedua danau ini memang sangat tenang dan nyaman. Pemandangannya yang sangat indah dan alami menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Jika kalian ingin menyendiri dan menikmati waktu yang berkualitas bagi diri sendiri, maka Danau Kembar ini sangat sesuai sebagi lokasi menyepi.

pedahu-di-danau-buyan-tamblinganYang menonjol dari Danau Kembar ini selain pemandangannya yang sangat indah, Danau Bayan dan Danau Temblingan merupakan kawasan yang sangat suci. Kalian akan menjumpai banyak sekali pura dan tempat suci umat Hindu lainnya. Karena memang di kedua danau ini tersimpan banyak sekali sejarah perkembangan dari peradaban dan kebudayaan Bali khususnya masyarakat di Desa Tamblingan pada masa 10 hingga 14 masehi. Keperawanan danau kembar ini juga dibuktikan dengan sedikitnya penduduk yang tinggal di daerah sekitar danau kembar, hal ini dikarenakan wilayah sekiat danau yang suci dan hanya warga Bendega dari Catur Desa saja yang diijinkan menetap untuk menjaga dan memelihara tempat-tempat suci yang ada di kawasan danau.

pura-danau-tamblinganDi Danau Buyan dan Temblingan ini selain menikmati keindahan alam dan kesunyiannya, wisatawan dapat melakukan kegiatan rekreasi lainnya seperti bermain air di danau dengan mendayung pedahu, memancing, treking di sekitar danau dan masih banyak lainnya. Kalian juga bisa memberi makanan kepada kera-kera yang berlalu lalang di sekitar danau. Fasilitas yang diberikan untuk menambah kenyamanan pengunjung pun sudah sangat memadahi seperti tempat parkir yang terletak di pinggir danau, toilet hingga penyewaan perahu bagi yang ingin menikmati kegiatan mendayung di danau yang sejuk.

Danau Bayan dan Danau Temblingan ini terletak di lokasi yang strategis, setelah kalian berkunjung ke danau kembar ini kalian bisa juga berkunjung ke lokasi wisata yang lainnya sepeti Danau Beratan yang terkenal dengan Pura Ulun Danu di Bedugul, Pantai Lovina dan Air Terjun Git-Git. Ketika berkunjung ke Danau Kembar jangan lupa untuk mampir di titik -titik pemberhentian yang sudah tersedia untuk menikmati keindahan danau dari sudut yang berbeda, kalian juga bisa menikmati pemandangan yang indah sambil menikmati makanan di restoran-restoran yang berada di sepanjang jalur menuju danau kembar 🙂

 

Referensi :

http://bali.panduanwisata.id/spot-wisata/menikmati-%E2%80%9Ckeperawanan%E2%80%9D-danau-kembar-buyan-dan-tamblingan/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *