Seru-Seruan Di Sungai Ayung

sejarah-arung-jeram-indonesia-1Akhir pekan dengan liburan yang menantang? Kenapa tidak. Anda bisa mencoba menjelajahi keindahan dan kejernihan Sungai Ayung dalam aktivitas yang memacu adrenalin, yakni arung jeram. Provider penyedia jasa safari gajah, Taro Elephant Safari Park, juga menyediakan aktivitas arung jeram ini. Selain Bali Adventure, masih banyak provider arung jeram di sekitar sungai ini. Sungai Ayung sendiri merupakan sungai yang terpanjang di Bali dan dekat dengan banyak wisata di Ubud ini memiliki aliran sungai hingga 62,5 km. Wow … makin menantang untuk dijelajahi bukan. Sungai yang bermuara di selat Badung, Sanur ini berada perbatasan Kabupaten Badung dan Gianyar, tepatnya sisi barat Sungai Ayung merupakan wilayah Badung sementara sisi timurnya adalah Kabupaten Gianyar.ayung-1Sungai Ayung dapat ditempuh dari Bandara Ngurah Rai Bali hanya dalam waktu 75 menit dan berjark 32 km dari Denpasar. Arung jeram Sungai Ayung cukup terkenal tidak hanya dikalangan wisatawan domestik, namun juga mancanegara. Level olahraga air menguji nyali dan ketanggkasan di sungai ayung ini hanya 2-3 tingkatan sehingga cukup aman bagi mereka yang baru pertama mencoba olahraga air ini. Selain itu debet air Sungai Ayung yang cenderung standart dan tetap deras sepanjang tahun menjadi alasan sungai ini cocok untuk berarung jeram. Apalagi dengan enam titik lokasi jeram yang dimilikinya dan tersebar di sejumlah titik, seperti Desa Carangsari, Desa Petang, Dusun Kesianan, Dusun Buangga, Dusun Bena Carangsari. Aktivitas jeram di sungai ini biasanya mulai dilakukan pada pagi hari yakni pada pukul 08.30 WITA.

ayung-5Sebelum memulai arung jeram, instruktur akan memberikan pengarahan kepada wisatawan sebelum melakukan rafting. Selanjutnya instruktur akan membagikan peralatan arung jeram mulai dari pelampung, helm, dan sandal sungai. Kemudian instruktur akan memimpin pemanasan untuk menghindari kram kala mengayuh dayung. Boat yang akan anda gunakan telah menanti di start poin dan biasanya masing-masing boat menampung lima orang termsuk instruktur yang bertugas menjadi pemimpin. Dengan keberadaan instruktur ini aktivitas rafting menjadi lebih aman dan nyaman. Arung jeram Sungai Ayung ini biasanya ditempuh dalam waktu dua jam.

relief sungai ayungPemandangan alam di sekitar Sungai Ayung yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang melakukan rafting di sini. Berbagai tumbuhan dan binatang akan menjadi teman pendamping anda selama anda mengarungi sungai yang melewati hutan tropis ini. Yang paling menarik adalah salah satu burung yang juga menghuni hutan tropis ini yakni burung Kingfisher yang seringkali bertengger di atas dahan pohon. Burung ini memiliki warna yang mencolok sehingga dengan mudah bisa anda amati. Ada pula pemandangan hamparan sawah berpetak yang semakin menambah kesejukan dan ketenangan yang ditawarkan Sungai Ayung. Arung jeram semakin seru kala melewati beberapa air terjun kecilĀ  yang semakin menambah kesegaran dan semangat dalam mengayuh dayung. Diantara tebing-tebing yang ada di sungai, ada pemandangan relief yang begitu menakjubkan dari zaman dahulu. Relief-relief yang adadi tebing sepanjang 200 meter tersebut konon katanya dibuat oleh para seniman ukir batu yang cukup handal.

Sungai-Ayung-ssDengan alirannya yang deras namun titik jeram yang aman pantas membuat Sungai Ayung sebagai tempat favorit untuk melakukan rafting. Selain itu dengan pemandangannya yang masih alami dan asri serta airnya yang jernih walau sudah dilewati sepuluh boat semakin menambah pesona arung jeram Sungai Ayung. Anda bisa menghubungi provider arung jeram yang ada di sana ataupun mengikuti paket wisata ke Bali untuk mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan di Sungai Ayung.

Refrensi:

http://www.anythingbali.com/mengarungi-keindahan-sungai-ayung/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *