Pesona Danau Beratan dan Pura Ulundanu

danau beratanBali tak hanya memiliki pantai yang indah namun juga danau yang menakjubkan. Salah satunya adalah Danau Beratan. Namun danau ini lebih dikenal dengan nama Danau Bedugul karena lokasinya yang berada di Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Padahal selain Danau Beratan, di sekitar Bedugul masih ada dua danau lainnya, yakni Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Ketiganya termasuk dalam gugusan danau kembar dan sama-sama terbentuk dalam keldera besar. Lokasi danau yang berada di ujung timur dan berdekatan dengan jalur provinsi, membuat Danau Beratan lebih sering dikunjungi wisatawan dibandingkan dua danau tetangganya. Selain itu lokasinya juga dekat dengan Kebun Raya Eka Karya Bali dan memiliki akses dan akomodasi yang memadai.

pura bedugul (8)Danau Beratan berada di ketinggian 1.239 dari permukaan laut dengan suasana pegunungan, tak mengherankan jika udara di sekitar danau cukup sejuk dan bersih. Tak jarang kabut pagi kerap menyelimuti tempat ini. Dengan kondisi ini, jangan lupa untuk mengenakan pakaian hangat selama berada di sini. Selain itu, kadang hujan datang tiba-tiba sehingga anda perlu untuk membawa payung dan sandal sebagai persiapan. Danau Beratan cukup luas, dan menjadi danau terluas kedua di Bali setelah Danau Batur, dengan luas mencapai 1.607,5 ha dan kedalaman hingga 23 meter. Anda bisa menyewa perahu ataupun perahu motor untuk mengelilingi danau. Anda juga bisa memancing sembari menikmati keindahan dan segarnya udara di sekitar danau.

beratan-templeTak jauh dari Danau Beratan, terdapat sebuah pura yang cukup terkenal di Bali, Pura Ulundanu. Lokasinya berada di sebelah barat danau dengan posisi yanga agak menjorok. Diantara Danau Beratan dan Pura Ulundanu, terdapat taman yang cukup asri. Selain itu juga terdapat sebuah Candi Budha yang hingga kini masih digunakan dan berada di sebalah kiri pura. Pura Ulundanu sendiri merupakan pulau tempat memuja Sang Hyang Dewi Danu yang merupakan dewa air, danau, dan sungai serta dipercaya memberi kesuburan. Pura Ulundanu diperkirakan telah ada sebelum tahun 1556. Pura ini kemudian dibangun kembali oleh salah satu Raja Mengwi, I Gusti Agung Putu yang juga bergelar I Gusti Agung Sakti, pada tahun 1633 dengan bentuk bangunan bergaya Hindu-Budha. Sebuah ppan batu dan sarkopagus yang diperkirakan berasal dari zaman megalitikum berada di atas teras, di depan pura. Hal ini menunjukkan bahwa kawasan di sekitar Pura Ulundanu telah menjadi tempat pemujaan sejak tahun 500 SM.

Danau-Bedugul-300x200Selain sebagai pemuaan kepada Dewi Danu, Pura Ulundanu juga menjadi tempat pemujaan Trimurti dengan empat bangunan suci, yakni Pura Lingga Petak, Pura Penataran Puncak Mangu, Pura Teratai Bang, dan Pura Dalem Purawa. Selain itu bentuk bangunaan Pura Ulundanu juga khas bangunan Bali dengan atapnya yang bertingkat atau yang juga disebut dengan Meru. Masing-masing meru ini mewakili masing-masing dewa, yakni Dewa Siwa dengan 3 tingkat, Dewa Brahma dengan 7 tingkat, dan Dewa Wisnu dengan 11 tingkat. Selain itu juga terdapat tiga patung berwarna merah yang melambangkan Bhatara Brahma “Sang Pencipta”, hitam yang menggambarkan Dewa Wisnu “Sang Penyeimbang”, dan putih yang melambangkan Dewa Siwa yang meruapakan Sang Pelebur. Ketiga warna patung ini merupakan warana suci yang juga disebut dengan Tri Datu.

kios di danau beratanBerkunjung ke Danau Beratan anda tidak hanya menikmati pemandangan alam yang menakjubkan namun juga suasana spiritual yang kental. Karena selain terdapat pura yang menjadi tempat ibadah umat Hindu, juga terdapat wihara dan masjid di sekitar danau. Hal ini menunjukkan betapa kuat nilai toleransi yang dimiliki penduduk sekitar. Selain rumah ibadah, di sekitar danau juga banyak kios yang menjual buah-buahan dan sayuaran, hasil pertanian penduduk setempat. Ada pula beragam pilihan akomodasi yang bisa anda manfaatkan untuk menginap.

Refrensi:

  • http://www.indonesia.travel/id/destination/515/pura-ulun-danu-beratan-di-dataran-tinggi-bedugul
  • http://bali.panduanwisata.id/spot-wisata/menikmati-pemandangan-danau-beratan/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *