Pasar Sukawati, Tempat Belanja Oleh-Oleh yang Murah dan Terkenal

pasar-seni-sukawati-1Travelers, ketika liburan ke Bali kemana kalian akan berburu oleh-oleh? Pasar Sukawati bukan? Pasti sebagian besar menjawan iya. Pasalnya salah satu pasar tradisional di Bali ini memang cukup populer dikalangan wisatawan, termasuk juga wisatawan mancanegara loh. Tak heran jika pasar yang masuk dalam wilayah Desa Sukawati, Gianyar ini tak pernah sepi pengunjung. Saking banyaknya wisatawan yang bertandang ke sini, sampai-sampai ada tiga Pasar Sukawati yang dibangun saling berdekatan demi memenuhi keinginan wisatawan. Namun tetap Pasar Sukawati 1 yang menjadi pilihan utama wisatawan kala berburu oleh-oleh.

sukawati2Daya tarik Pasar Sukawati bukan saja pada beragamnya barang yang dijual maupun harganya yang miring. Namun juga karena lokasinya yang strategis dan berdekatan dengan sejumlah hotel murah di Bali. Dari Denpasar saja, Pasar Sukawati hanya berjarak 30 km atau sekitar 45 menit perjalanan. Sementara jiak dari Pantai Kuta, Pasar Sukawati lebih dekat lagi, hanya perlu menempuh perjalanan selama 30 menit. Di sini travelers bisa membeli beragam oleh-oleh, mulai dari aneka aksesoris, pakaian, hingga sejumlah barang kerajianan, seperti lukisan, ukiran, dan masih banyak lagi. Untuk pakaiannya sendiri mulai dari baju santai seperti baju pantai, daster, dan kaos oblong hingga baju formal seperti kain batik khas Bali atau Batik Cap Glauh.

pasar-sukawatiSebagaimana pasar tradisional di Bali pada umumnya, Pasar Sukawati juga terbagi dalam dua jam operasioanl, yakni jam 08.00 pagi hingga 03.00 sore sebagai pasar lokal dan jam 10.00 hingga jam 05.00 sore sebagai pasar seni. Selain menyediakan barang-barang seni, untuk berbelanja di Pasar /sukawati juga dibutuhkan seni khusus agar bisa “menaklukkan” sang penjual. Kita akan berbagi tips untuk para travelers agar “sukses” belanja di asar Sukawati, simak ya 😉

1. Berbelanja saat pasar baru buka

Karena masyarakat Bali memiliki kepercayaan, bahwa uang yang pertama kali mereka terima adalah pintu pembawa rezeki. Jadi kala baru membuka toko dan ada pembeli yang datang, harga yang ditawarkan pembeli tersebut bisa dengan mudah diterima. Jadi jangan ragu buat menawar semiring-miringnya ya … 😉

2. Mengakrabkan diri dengan penjual

pasar sukawatiFaktor hubungan dekat memang memiliki pengaruh yang cukupbesar, takterkecuali dalam berbelanja. Cobalah mengakrabkan diri dengan para penjual, dengan memanggil mereka dalam sebutan yang umum digunakan, misalnya dengan memanggil “mbok” untuk perempuan dan “bli” untuk laki-laki. Pata penjual ini pun akan dengan senang hati memberikan harga lokal untuk para travelers yang akrab dengan mereka. Jadi lebih hemat deh.

3. Survei Harga

Kalau memang ingin mendapatkan harga yang paling murah, sempatkanlah untuk berkeliling dari satu toko ke toko yang lain untuk membandingkan harga dan kualitas barang. Jadi travelers bisa tahu berapa kisaran harga yang pas untuk mendaparkan barang yang travelers inginkan. Namun dalam melakukan hal ini travelers perlu untuk berhati-hatia agar tidak menyinggung kearifan lokal masyarakat Bali. Jangan sampai ada kesepakatan harga jika travelers belum benar-benar berniat untuk membelinya karena akan membuat si penjual kecewa. Mengecewakan penjual sama saja dengan melanggar etika di Bali yang berdampak pada perjalanan travelers pada akhirnya. Karena daerah ini masih kental dengan mitos-mitos sebagai dampak jika melanggar kearifan lokal mereka.

pasar-seni-sukawati-bali4. Menawar dengan Gila-Gilaan

Jika travelers sudah mengantongi refrensi harga, mulailah melakukan negosiasi harga. Jangan ragu untuk menawar secara gila-gilaan, termasuk dengan menawar sepersepuluh harga dari harga yang ditawarkan. Tawar dulu dengan tegas dan jangan buru-buru mengiyakan penawaran dari penjual. Lakukan jurus “pura-pura tak butuh” dengan meninggalkan penjual jika harga yang anda mau tak disetujui. Jika sang penjual memanggil anda kembali, bersiaplan tersenyum lebar karena berarti sangn penjual menyetujui harga yang anda tawar.

5. Belanja Borongan

Sukawati2 (1)Berbelanja satuan terkadang sulit mendapatkan harga yang bener-bener murah. Solusinya adalah berbelanjalah dengan jumlah tertentu, misalnya tiga potong untuk bisa mendapatkan harga yang lebih spesial. Travelers juga bisa joinan dengan teman untuk membeli  barang yang sama dan mulailah menawar berdasarkan jumlah barang yang travelers inginkan. Siapa tahu dari awalnya kaos seharga Rp 50.000/pacs-nya bisa menjadi Rp 75.000 untuk tiga potong. Asik bukan.

Jadi jangan lewatkan berburu oleh-oleh di Pasar Sukawati yang terkenal. Kalau mau liburan murah, gabung aja di open trip kita. Ada banyak destinasi wisata yang kita tawarkan dalam tour Bali kita. So kamu gak perlu pusing lagi dah mikir akomodasi maupun transportasi 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *