Pantai Sanur, Si Pantai Matahari Terbit

pantai-sanur-pulau-baliBukan hanya Pantai Kuta yang menjadi ikon pariwisata di Bali. Berbarengan dengan kepopuleran Pantai Kuta, hadir pula Pantai Sanur. Masing-masing pantai ini memiliki perbedaan yang saling melengkapi. Contohnya saja untuk waktu bertandang ke kedua pantai ini. Sebelum anda melihat pemandangan matahari terbenam di Pantai Kuta, maka anda perlu untuk melihat pemandangan matahari terbit dari Pantai Sanur. Karenanya waktu terbaik untuk bertandang ke Pantai Sanur adalah di pagi hari sebelum matahari menampakkan diri. Hal ini pula yang menjadikan Pantai Sanur memiliki julukan sebagai sunrise beach sementara Pantai Kuta sebagai sunset beach. Selain itu jika Pantai Kuta terkenal dengan keganasan ombaknya yang memacu nyali para surfer, maka di Pantai Sanur anda akan mendapati ombak pantai yang tenang sebagai teman menikmati suasana pagi yang damai.

Pantai-SanurDari segi sejarah, ternyata keindahan Pantai Sanur telah terkenal sejak dahulu, bahkan pada masa kerajaan. Nama Pantai Sanur tertulis di dalam Prasasti Raja Kasari Warmadewa yang berada di bagian selatan Pantai Sanur. Raja Kasari Warmadewa sendiri adalah salah seorang raja dari Kerajaan Singhadwala di tahun 917 M. Pantai ini juga menjadi pendaratan tentara Belanda kala menyerang Kerajaan Badung dalam Perang Puputan. Keindahan Pantai Sanur juga turut diperkenalkan oleh pelukis sekaligus bangsawan asal Belgia, A. J. Le Mayeur. Ia yang datang ke Sanur di tahun 1932 pada akhirnya memilih menetap di sana karena jatuh cinta tidak hanya pada keindahan Pantai Sanur namun juga dengan penari legong, Ni Nyoman Pollok, yang akhirnya menjadi istrinya. Ia bahkan mendirikan sanggar lukis tepat di tepi Pantai Sanur. Kini sanggar lukis sekaligus rumahnya menjadi Museum Le Mayeur, yang ulasannya bisa anda baca di sini.

Sanur-Beach-ViewPantai Sanur memiliki garis  pantai yang melengkung dengan panjang mencapai 3 km. Pantai ini menghadap ke timur karenanya menjadi tempat yang pas untuk melihat matahari terbit. Pasir pantainya berwarna putih bersih dan cukup lembut. Anda bisa berjalan-jalan pagi di atas pasirnya dan rasakan kelembutannya dengan bertelanjang kaki. Karang-karang yang ada di Pantai Sanur juga memiliki daya tarik tersendiri dengan hiasan perahu-perahu tradisional nelayan di tepi pantai. Nuansa tradisional lainnya yang bisa dinikmati di Sanur adalah pasar tradisional dan pasar seni yang banyak menjual berbagai aksesoris khas Bali. Nuansa tradisional ini tetap bertahan meski pengembangan Pantai Sanur sebagai wisata telah dilakukan sejak pertama kali dan menjadi tempat pertama di Bali yang dikembangkan sebagai tempat wisata dengan dibangunnya Hotel Segara Beach.

Seawalker-Sanur-BaliDengan ombaknya yang tenang, Pantai Sanur menjadi pantai yang ramah anak dimana mereka bisa bermain dan berenang di pantai dengan aman. Selain itu anda juga bisa memancing ataupun melihat alam bawah laut Pantai Sanur dengan seawalker. Adapula jogging track yang bisa anda gunakan untuk lari pagi sambil melihat pemandangan matahari terbit. Pantai Sanur juga kerap menjadi tempat perayaan sejumlah festival untuk menarik minat wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Salah satu festival yang ada di Sanur adalah Sanur Village Festival yang mulai diadakan sejak 2005. Selain itu adapula Kite Festival yang diadakan setiap bulan Juli. Jadi meski tidak ada pemandangan matahari terbenam, Pantai Sanur menawarkan keindahan lain dan aktivitas pantai yang tak kalah seru dengan Pantai Kuta. Pantai yang berada di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar, Kota Denpasar ini hanya berjarak 6 km dari Kota Denpasar. Anda bisa menggunakan paket wisata ke Bali untuk membantu anda merencakan liburan anda ke Pantai Sanur.

Refrensi:

  • https://wisatabali2010.wordpress.com/pantai-sanur/
  • http://www.indonesia.travel/id/destination/524/pantai-sanur
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *