Pantai Melasti yang Indah nan Menawan

DSC_0261Ngomongin keindahan Bali emang gak ada habisnya. Pulau seribu pantai ini selalu saja memberikan refrensi-refrensi pantai baru yang keren-keren. Nah ada pantai yang baru aja di resmikan pada Juli 2015 lalu, bernama Pantai Melasti. Nama Melasti diambil karena pantai tersebut merupakan pusat dari kegiatan upacara Melasti. Upacara Melasti adalah upacara pensucian diri yang dilakukan untuk menyambut hari raya Nyepi. Pantai Melasti berada di Desa Ungasan dan terletak di sebelah Pantai Green Bowl atau lebih sering disebut dengan Pantai Bali Cliff.

DSCN1059Jika travelers pernah melali (jalan-jalan) ke Pantai Pandawa dan merasa takjub akan pemandangan tebing kapur dan pantainya, di Pantai Melasti kalian akan disuguhi dengan pemandangan yang hampir serupa namun tidak kalah indah. Layaknya Pantai Pandawa yang berada di balik tebing-tebing kapur, selama perjalanan kalian akan disuguhi dengan pemandangan tebing kapur yang berliku. Jangan khawatir dengan akses jalan ya guys, karena akses jalan menuju Pantai Melasti sudah ditata dengan baik dan sudah beraspal. Ketika kalian melewati jalan menurun yang berliku kalian akan melihat pemandangan tebing kapur yang stunning abis, tebing dengan ketinggian 100-150 meter ini sering dijadikan latar belakang pengambilan foto. Hmm kayaknya pemandangan tebing kapur ini bakal jadi trademarknya Pantai Melasti nih, jadi jangan lupa untuk mengambil foto dengan latar belakang tebing kapur ini ketika berkunjung ke Pantai Melasti ya 😉 Kalian juga bisa melihat air terjun kecil disalah satu tebing kapur yang ada di Pantai Melasti ini. Terlebih jika kalian menikmati air terjun ini saat matahari tenggelam, pasti romantis banget. Salah satu kelebihan dari Pantai Melasti adalah pantai ini termasuk sebagai salah satu lokasi untuk melihat sunset. Karena pantainya masih baru, jadi masih sedikit pengunjung yang menikmati sunset di sini.

P1010083Tebing kapur yang tinggi dan berliku ini bisa menguntungkan kalian loh, kalian  bisa menikmati keindahan pantai dan birunya air laut dari berbagai sudut, tapi jangan lupa untuk membawa payung ya. Karena pantai ini masih baru maka fasilitas yang tersedia masih sangat minim, jadi masih sedikit bangunan yang ada sebagai tempat berteduh. Di pantai ini juga akan dibuatkan anjungan pantai yang menjorok ke laut yang fungsinya untuk mempermudah masyarakat sekitar ketika melakukan upacara adat seperti “nganyud” ke tengah laut pada upacara melasti. Anjungan akan mempermudah kegiatan nganyud ini karena tidak perlu menggunakan boat lagi.

Pantai-Melasti-Pantai-Baru-di-Bali-yang-menarik-hatiSelain itu ke depannya Pantai Melasti akan dikembangkan sebagai pusat olahraga air seperti yang ada di Tanjung Benoa, kalian nantinya bisa menikmati permainan air seperti Banana Boat, Jetski, Flying Fish, Parasailing dan lain-lain . Jadi Pantai Melasti bisa menjadi alternatif pilihan wisata air untuk kalian jika sudah bosan di Tanjung Benoa. Kalian juga bisa cek tour bali untuk pilihan liburan kalian biar lebih asik 😀

Kalian bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat untuk pergi ke Pantai Melasti tanpa perlu mengkhawatirkan ruas jalan yang sempit. Karena meski tidak bisa dikatakan lebar, namun jalan menuju Pantai Melasti bisa digunakan untuk 2 mobil besar meski sedang berpapasan. Untuk menandai kalian sudah dekat dengan Pantai Melasti kalian cukup menemukan Bayan Tree Hotel and Resort, lurus sedikit maka kalian sudah bisa melihat Pantai Melasti dari atas tebing.

 

 

Referensi :

https://balipedia.id/indahnya-pantai-melasti-ungasan-dari-tebing-kapur-berkelok/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *