Pantai Lovina yang Kembali Berjaya

Pantai Lovina BaliMasih ingat dengan pantai cantik yang ada di Bali Utara ini? Ya, Pantai Lovina merupakan salah satu pantai cantik yang ada di Bali. Pantai ini sempat populer loh di tahun 1950-an dimana Anak Agung Pandji Tisna mendirikan sebuah pondok peristirahatan bernama Lovina yang lokasinya tak jauh dari pantai. Pondok yang juga dilengkapi dengan restoran di tepi pantai ini digunakan oleh sejumlah turis dan teman-teman Anak Agung Pandji Tisna dari luar negeri kala berkunjung ke Bali. Nama Lovina diambil dari perpaduan kata dalam bahasa Inggris dan Bali, yakni “Love” yang berarti cinta dan “Ina” yang berarti ibu. Atau yang apabila digabung berarti cinta ibu atau cinta luhur ibu pertiwi. Namun sayangnya kepopuleran pantai ini sempat meredup di tahun 1980 karena penguatan wisata di daerah Kuta dan Sanur sementara Lovina tidak termasuk karena dianggap tidak terkenal di Bali.

pantai-lovina-lumba-lumbaNamun seiring dengan semakin berkembangnya kehidupan pariwisata Bali, maka sejumlah pihak menuntut untuk dikembalikan kembali kepopuleran Pantai Lovina. Tidak kurang dari 6 pantai desa tergabung menjadi satu dalam nama Pantai Lovina dan tersebar di dua kecamatan, yakni Buleleng dan Banjar. Kawasan ini pun dikenal dengan nama “Kawasan Wisata Kalibukbuk”. Pengembalian kejayaan Pantai bukan tanpa alasan. Selain karena ia sempat populer hingga mancanegara, pantai ini juga memiliki pesona tersendiri yang membuatnya unik dari yang lain. Ya, pantai ini menawarkan atraksi lumba-lumba secara alami dan menjadi ikon Pantai Lovina. Kelestarian lumba-lumba ini cukup terjaga karena telah dilindungi oleh undang-undang sehingga tidak ada yang berani mengganggu atau bahkan menangkapnya.

Lumba-Lumba LovinaMenyaksikan kawanan lumba-lumba di laut lepas memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain cerdas, hewan ini cukup menggemaskan dan ramah terhadap manusia. Nampak kawanan lumba-lumba tersebut asik berenang ke permukaan laut dengan tenangnya. Ada pula yang melompat-lompat kegirangan dan nampak menggemaskan. Anda bisa menyaksikan mereka berenang begitu dekat denga perahu anda. Sayangnya atraksi lumba-lumba ini hanya berlaku setiap pagi kala matahari belum terbit atau cuaca belum terlalu terik. Biasanya lumba-lumba ini muncul pada jam 06.00-08.000 pagi. Karenanya anda yang menginap di hotel yang ada di Kuta harus berangkat ke sini jam 03.00 pagi dan meyewa perahu nelayan setempat untuk bisa ke laut lepas. Namun lebih enak jika anda menginap di Puri Saron Baruna Beach Lovina dimana hotel ini menyediakan tour ke atraksi lumba-lumba tersebut. Jadi anda tidak perlu repot-repot menyewa perahu nelayan lagi karena telah diakomodir pihak hotel. Ada pula Melka Exelsior Hotel yang tidak hanya menawarkan melihat atraksi lumba-lumba namun juga memiliki layanan terapi lumba-lumba untuk putra-putri anda.

beach_lovinaSelain hanya bisa dilihat di pagi hari, masih banyak faktor yang mempengaruhi kemunculan lumba-lumba ini diperairan Lovina. Faktor yang paling penting adalah cuaca dimana lumba-lumba hanya muncul kala cuaca hangat dan cerah. Waktu yang terbaik untuk mengunjungi pantai ini pada bulan April hingga September atau pada saat musim kemarau. Jika dipresentasikan, kemunculan lumba-lumba di  Pantai Lovina sekitar 90% pada bulan-bulan tersebut. Daya tarik Pantai Lovina bukan hanya atraksi lumba-lumba liar namun pantai ini masih menyimpan banyak pesona lainnya. Salah satunya adalah pemandangan matahari terbit yang menemani anda kala anda menonton atraksi lumba-lumba. Selain itu pasir hitamnya yang lembut berpadu dengan ombak Pantai Lovina yang tenang yang semakin menambah kenyamanan bermain di pantai. Anda pun bisa melakukan olah raga air seperti jetski dan berperahu dengan aman.

Pantai-Lovina-Bali-2Kelestarian Pantai Lovina yang  terjaga tidak hanya menjadi rumah yang nyaman bagi kawanan lumba-lumba namun juga biota laut lainnya. Nampak terumbu karang warna-warni dikelilingi dengan ikan-ikan aneka jenis yang asik berenang ke sana ke mari. Anda bisa menikmati pemandangan bawah lautnya lebih dekat dengan snorkeling ataupun diving. Anda pun bisa menangkap ikan-ikan tersebut dengan cara memancing mereka. Cukup banyak bukan hal yang bisa anda lakukan di Pantai Lovina. Dengan sejuta pesona dan daya tarik yang ia miliki, pantas  jika pantai ini kembali ke masa kejayaannya yang populer hingga ke mancanegara. Jadikan Pantai Lovina sebagai salah satu destinasi untuk anda berlibur bersama keluarga. Happy holiday and have a nice day 🙂

Refrensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Lovina
  • http://www.baliwisatamurah.com/tentang-bali/obyek-wisata/pantai-lovina.php

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *