Pantai Kuta, Si Ikon Pariwisata Bali

pantai kutain praise to kutaSiapa yang tak mengenal Pantai Kuta? Hampir setiap wisatawan yang bertandang ke Bali pasti tak akan melewatkan kunjungan ke pantai ini. Tak heran jika pantai ini begitu ramai dikunjungi wisatawan dan menjadikan Pantai Kuta sebagai salah satu ikon pariwisata Pulau Bali, meski kini telah banyak ditemukan pantai-pantai beru di bali. Padahal dulunya pantai ini hanyalah sebuah pantai dan dermaga perlabuhan biasa yang kemudian terkenal hanya karena sebuah buku. Seorang bernama Hugh Mahbett membuat sebuah buku berjudul “In Praise to Kuta” yang berisi segala hal mengenai keindahan Pantai Kuta dan mengajak penduduk sekitar untuk menyiapkan beragam fasilitas pariwisata di Kuta. Dan pada tahun 1960-an, mulailah berdiri salah satu hotel dan membuat pantai kuta menjadi pantai yang ramai di Bali.

pantai kuta (7)Pantai Kuta memiliki pasir yang putih dengan ombak yang panjang. Dengan jenis ombak yang dimilikinya, pantai yang berada di Kecamatan Kuta, Badung ini menjadi tempat yang pas bagi anda para pecinta olahraga selancar. Bahkan Pantai Kuta disebut sbagai salah satu lokasi surfing terbaik di Bali. Anda yang pemula juga cukup aman berselancar di pantai ini, termasuk juga bagi anda yang ingin belajar selancar, tersedia jasa pemandu yang akan mengajari anda teknik berselancar. Jadi, siap untuk menaklukkan ombak Pantai Kuta?

surfing pantai kutaDengan lokasi bibir pantainya yang luas, membuat anda leluasa bermain di pasirnya yang lembut. Anda bisa berjemur di kursi malas ataupun menggelar alas di atas pasirnya. Agar anda semakin santai, anda bisa menyewa jasa tukang pijat yang bisa dengan mudah anda temui di sekitar pantai. Anda juga mengubah gaya rambut anda dengan gaya penuh kepangan yang ditawarkan oleh sejumah gadis bali di sana. Atau ingin mencoba bergaya dengan tato? Ada banyak pelukis tato di sekitar Kuta yang menjual jasanya. Anda tidak perlu khawatir karena tinta tato tersebut bersifat temporer dan akan hilang dalam waktu beberapa hari.

berjemur di kutaFasilitas yang ditawarkan Pantai Kuta cukup lengkap. Berjajar warung ataupun restoran, mulai dari kaki lima hingga bintang lima, bisa dengan mudah anda temukan. Beragam menu juga bisa anda nikmati, mulai dari menu lokal hingga internasional. Di sekitar Kuta juga banyak dijumpai penjual aneka souvenir khas Bali. Tak jauh dari lokasi pantai juga terdapat penangkaran penyu jenis Olive Ridley atau yang juga dikenal dengan nama penyu lekang. Jika beruntung anda bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelepasan bayi penyu atau tukik ke laut. Biasanya dilakukan jelang matahari terbenam dengan pertimbangan burung predator tidak bisa melihat mereka.

sunset pantai kutaSore hari memang menjadi waktu yang paling ramai di Pantai Kuta. Momen matahari terbenam menjadi moment yang paling dinanti wisatawan. Tak heran jika kunjungan ke Pantai Kuta, oleh penyedia jasa paket wisata ke Bali direncanakan dilakukan pada sore hari. Semburat jingga matahari akan terpantul dari pantainya dan menawarkan keindahan yang menakjubkan. Tak heran jika pantai ini memiliki julukan sebagai sunset beach atau pantai matahari terbenam. Siapkan kamera anda untuk mengabadikan keindahan cahaya matahari kala menutup diri di Pantai Kuta.

pembersihan sampah di kutaNamun sayangnya, keindahan Pantai Kuta harus dicemari dengan keberadaan sampah. Seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang bertandang, juga berdampak pada meningkatnya volume sampah di sekitar pantai. Jadi jangan lupa untuk menjaga kebersihan pantai selama di sini ya. Sejumlah pihak juga turut membersihkan pantai demi kenyamanan para wisatawan. Jadikan Pantai Kuta tetap indah dengan turut menjaga kebersihan pantainya untuk mempertahankan Pantai Kuta sebagai ikon pariwisata Bali.

Refrensi:

http://anekatempatwisata.com/wisata-bali-pantai-kuta/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *