Museum seni Nyoman Gunarsa

gunarsa-museums2Bali memiliki banyak museum dan galery seni. Memang sebagian besar berada di Ubud, Bali, tapi museum yang satu ini berada di daerah Klungkung Bali. Jika travelers sedang berada di Klungkung, tidak ada salahnya berkunjung ke Museum seni Nyoman Gunarsa. Nyoman Gunarsa adalah seorang Maestro seni lukis Bali yang namanya sudah sangat mendunia dan memiliki ciri khas dalam semua karyanya. Karya-karya yang dihasilkan oleh beliau diambil dari kesenian Bali seperti upacara Bali, tarian dan musik tradisional juga cerita rakyat Bali dan legenda Hindu Dharma.

Museum yang beralamatkan di Jalan Raya Banda No. 1  Desa Takmung, Kecamatan Bajarangkan-Klungkung, Bali merupakan museum milik pribadi sehingga perawatan dan kebersihan dikelola secara langsung oleh pemilik museum. Jika travelers berkunjung di sini, kalian bisa menikmati fasilitas yang tersedia antara lain coffe shop, rest room, toko buku dan souvenir serta taman yang luas juga area parkir yang berada tepat di depan museum.

lukisanklasik-gunarsaMuseum yang beridiri pada tahun 1994 dan diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Wardiman Djoyonegoro (Menbudpar kala itu) terdiri dari 3 lantai,  1 lantai untuk seniman lokal dan mancanegara yang ingin mengadakan pameran lukisan dan 2 lantai untuk menyimpan koleksi kesenian baik lukis maupun patung dan barang antik khas Bali. Museum Nyoman Gunarsa dibagi atas 2 bagian utama yaitu koleksi lukisan modern khas Bali dan koleksi lukisan klasik Bali. Selain itu Museum seni Nyoman Gunarsa juga menyimpan koleksi berbagai macam wayang, keris peninggalan zaman Kerajaan Gelgel dan patung-patung tradisional Bali.

lukisan-nyomam-gunarsaYang paling utama, museum ini menyimpan sekitar 250 lukisan yang sang Maestro Nyoman Gunarsa selama kurang lebih 20 tahun. Selain itu Museum ini juga memiliki panggung terbuka dengan pintu gerbang besar yang dibuat sendiri oleh Nyoman Gunarsa dan bernama “Surya Chandra Murti”. Selain Museum seni Nyoman Gunarsa, beliau juga mendirikan Museum Seni Lukis Kontemporer Indonesia pada tahun 1989 yang berada di Yogyakarta dan “Sanggar Dewata Indonesia” pada tahun 1970 dimana lukisan dari para pelukis yang tergabung dalam sanggar tersebut juga dipajang di Museum Nyoman Gunarsa.

,hghfhjbJika travelers ingin berkunjung ke Museum seni Nyoman Gunarsa, perlu waktu 70 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai dan jika travelers melakukan perjalanan dari Denpasar menggunakan motor, hanya perlu menempuh perjalanan kira-kira 50 menit. Selain Museum seni Nyoman Gunarsa, di Klungkung juga ada banyak tempat wisata lainnya loh travelers. Kalo gak percaya kalian bisa langsung kunjungi Desa Pesinggahan yang berbatasan langsung dengan Karangasem. Di sana kalian bisa berkunjung ke Pura Goa Lawah sebuah objek wisata yang memadukan pemandangan antara gunung dan laut.

 

Referensi :

https://paketbalimurah.wordpress.com/2012/01/28/museum-nyoman-gunarsa-museum-seni-lukis-klasik/

https://paketbalimurah.wordpress.com/2012/01/28/i-nyoman-gunarsa-sang-maestro-seni-lukis-klasik-dari-bali/

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *