Menyepi Di Nusa Lembongan Part 2

Village1Penasaran nih sama Nusa Lembongan? Yuuukk lanjutin yang kemaren. Setelah puas-puas mandangin Nusa Lembongan dari atas, ke Dream Beach, trus ke Devil’s Tear, selanjutnya ada Sunset Beach. Menurut masyarakat sekitar di pantai ini lah spot terbaik untuk menyaksikan matahari tenggelam. Setelah puas menyaksikan matahari tenggelam, inilah waktunya untuk pergi ke Mushroom Beach. Malam-malam ke pantai? Jangan salah guys, justru pantai ini sangat ramai pada malam hari. Karena di sinilah pusat kehidupan malam di Nusa Lembongan. Di sepanjang bibir pantai kalian akan menjumpai banyak sekali bar dan cafe.

1410266013148Pantai lainnya yang bisa kalian kunjungi adalah Pantai Jungut Batu yang berada di dekat pelabuhan Jungut Batu, Semelek Beach, Tamarind Beach dan Pantai Tanjung Sanghyang. Pantai-pantai bisa dibilang masih perawan. Karena memang Nusa Lembonga merupakan pulau yang masih belum tersentuh oleh kehidupan yang modern dan kemajuan industri wisata. Suasana desa masih sangat terasa di sini. Tempat tinggal masyarakat sekitar pun masih berupa bangunan gubuk yang terbuat dari ilalang dan daun kelapa. Jika kalian ingin berinteraksi dan melihat kehidupan sosial masyarakat Nusa Lembongan, kalian bisa mengunjungi Pantai Lebaoh.

Pantai Lebaoh merupakan pusat pertanian rumput laut yang ada di Nusa Lembongan. Kalian akan melihat para warga yang sedang memanen rumput laut atau menanam rumput laut di tengah pantai dan menjemur rumput laut di bawah terik matahari. Untuk mengelilingi Nusa Lembongan ini tidak dibutuhkan waktu yang lama, karena pulaunya yang tidak terlalu luas, panjang pulau sekitar 4.6 km dan lebar pulau 1.115 km. Untuk mengelilingi pulau kalian bisa menyewa sepeda motor di sekitar pelabuhan.

Nusa-Penida-baligreatadventureTak lengkap rasanya jika pergi ke Nusa Lembongan tanpa snorkling. Kalian bisa mengunjungi spot snorkling di Lembongan Bay, blue Corner dan Mongrove point yang berada di sebelah utara Nusa Lembongan. Kalian juga bisa berkunjung ke spot Ceningan Wall. Di Sana kalian akan menemukan ikan manta dan ikan mola-mola (sunfish). Untuk lebih memuaskan dahaga kalian akan snorkling kalian bisa mengunjungi Nusa Penida di mana spot untuk snorkling dan diving lebih bervariasi. Kalian juga bisa berkunjung ke Nusa Ceningan yang berada di antara Nusa Lembongan dan Nusa Penida. Tak perlu menyebrang, karena untuk pergi ke Nusa Ceningan kalian bisa melewati jembatan yang memnghubungan kedua pulau ini. Hati-hati ya guys, karena jembatannya terbilang kecil, jadi jika berpapasan dengan motor, lebih baik kalian berhenti dulu dan membiarkan motor di lawan arah untuk lewat terlebih dahulu.

Journalist workshop on REDD+ issues. ©Center For International Forestry Research/Leony Aurora

Oh ya guys, Nusa Lembongan ini dikelilingi oleh hutan mangrove loh. Kalian bisa menyewa kapal pada penduduk sekitar untuk mengelilingi hutan mangrove,  masalah tarif mereka mematok harga Rp.150.000 untuk wisatawan asing dan Rp.50.000 untuk wisatawan lokal. Di hutan mangrove ini kalian akan benar-benar menikmati perjalanan. Karena selain situasi yang tenang dan damai, mata kalian akan dimanjakan dengan pemandangan hutan mangrove yang hijau dan rindang. Udah segitu aja, lebih lengkapnya kalian bisa langsung dateng ke sini untuk menikmati sendiri keindahan Nusa Lembongan 😉 Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan kalian yaa 🙂

 

 

Referensi :

https://mprito.wordpress.com/2014/09/09/wisata-seru-nusa-lembongan-bali/

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *