Mensucikan Diri Di Tirta Empul

pura-tirta-empul1Bali memang memiliki potensi alam yang luar biasa indah hingga mampu membuat setiap orang yang melihatnya merasa jatuh cinta. Selain alamnya, Bali juga memiliki pura-pura yang tidak hanya menjadi tempat ibadah namun juga memiliki pesona yang menakjubkan sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata. Salah satunya adalah pura yang berada di kawasan Tampak Siring, Gianyar, tepatnya di Desa Manukaya. Selain terdapat istana presiden yang dibangun pada masa Presiden Sukarno, di sini juga terdapat pura yang memiliki sumber mata iar yang dianggap suci oleh masyarakt hindu Bali yang bernama Tirta Empul. Pura tersebut juga bernama sama dan kerap dikunjungi wisatawan karena keindahan alam sekitarnya.

Pura-Tirta-Empul2Pura Tirta Empul berjarak sekitar 36 km dari Kota Denpasar atau sekitar 1 jam 15 menit perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Pura ini cukup bersejarah karena berasal dari masa purbakala. Pura Tirta Empul diperkirakan dibangun pada tahun 962 M pada masa Raja Chandra Bhayasingha. Raja Chandra berasal dari Wangsa Warmadewa yang berkuasa pada abad ke-10 hingga ke 14. Nama Tirta Empul berarti air suci yang keluar dari tanah. Nama tersebut berkaitan dengan cerita yang mengiringi keberadaan air suci tersebut. Kala itu, Kerajaan Bali dipimpin oleh Raja Mayadenawa yang memiliki kesaktian yang luar biasa. Namun sayangnya raja ini sangat jahat dan suka bersikap semaunya sendiri. Ia bahkan melarang rakyatnya untuk melakukan upacara keagamaan seperti memohon keselamatan kepada Para Dewa. Hal ini kemudian membuat Para Dewa marah dan mengutus Bhatara Indra untuk melawan Mayadenawa.

Pura-Tirta-EmpulDalam pertarungan antara Bhatara Indra dan Mayadenawa, Mayadenawa akhirnya kalah dan melarikan diri ke sebuah desa yang berada di utara Tampak Siring. Ia membuat langkahnya miring di tengah hutan dan karena tidak ingin ditangkap ia membuat sumber mata air beracun yang membuat pasukan Bhatara Indra yang mengejarnya gugur akibat air tersebut. Melihat hal tersebut Bhatara Indra lantas menancapkan tongkatnya sehingga keluarlah air suci dari dalam tanah yang digunakan untuk memerciki pasukan Para Dewa sehingga bisa hidup kembali. Lokasi air suci inilah yang kini menjadi Pura Tirta Empul sementara tanah tempat Mayadenawa berjalan mirirng disebut dengan Tampak Siring.

sungai-pakerisan-dan-gunung-kawiAir suci Tirta Empul mengalir hingga ke sungai Pakerisan. Sungai Pakerisan cukup terkenal dengan river tubingnya dan termasuk sungai bersejarah karena di sekitar aliran sungai terdapat Pura atau Candi Gunung Kawi. Bangunan Pura Tirta Empul sendiri terdiri dari tiga bagian, yakni bagian halaman depan yang disebut dengan Jaba P ura, halaman tengah yang bernama Jaba Tengah, dan bagian dalam atau Jeroan pura. Dua buah kolam berbentuk segi empat berada di bagian tengah pura. Kolam tersebut merupakan lokasi air suci dengan 30 buah pancuran yang menghadap ke selatan dan berjejer dari timur barat. Pancuran-pancuran tersebut memiliki namanya masing-masing seperti Pengelukatan, Pebersihan, Sudamala dan Pancuran Cetik atau pancuran racun. Dari pancuran-pancuran ini, masyarakt Hindu Bali melakukan penyucian diri.

pura tirta empulMeski anda bukan orang Hindu, Pura Tirta Empul tetap layak dikunjungi karena menawarkan wisata sejarah yang akan membuat anda semakin mengenal sejarah bangsa. Selain itu air di Tirta Empul juga cukup segar dengan kawasan yang masih alami. Usai dari Tirta Empul anda bisa melanjutkan wisata ke Istana Tampak Siring yang berlanjut ke Sungai Pakerisan dan berakhir di Candi Gunung Kawi. Menarik bukan, dari satu tempat anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata. Wisata ini bisa menjadi refresnis untuk anda yang ingin berakhir pekan di Bali. Semua kunjungan wisata ini akan semakin mudah jika anda mengikuti paket tour ke Bali.

Baca pula ulasan mengenai River Tubing Sungai Pakerisan dan Kemegahan Candi Gunung Kawi yang lokasinya tak jauh dari Tirta Empul.

Refrensi:

  • http://bali.panduanwisata.id/pura-hindu-bali/berwisata-reliji-di-pura-tirta-empul-tampaksiring/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pura_Tirta_Empul

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *