Menikmati Mata Air Panas di Toyabungkah

hot-spring-bungkahBali menyediakan banyak sekali destinasi wisata, mulai dari wisata bawah laut, wisata alam, wisata kuliner maupun wisata budaya. Karena itu untuk menikmati keindahan Pulau Dewata ini tidak bisa dilakukan hanya dalam sehari dua hari saja. Berhari-hari menjelajah Pulau Dewata memberikan kepuasan tersendiri, namun ada kalanya badan terasa lelah karena harus menempuh perjalanan yang jauh demi sebuah pemandangan eksotis yang memanjakan mata. Untuk mengatasi hal itu, tidak ada salahnya kan travelers mampir ke Mata air panas alami Toyabungkah. Mengilangkan lelah dengan berendam di air panas sekaligus berwisata ke Danau Batur. 

batur-natural-hot-springMata air panas Toyabungkah terletak di kaki Gunung Batur bagian barat, tepatnya di Desa Batur, Kintamani. Untuk akses menuju ke sini, dari Denpasar kalian harus pergi ke Penelokan, Kintamani, jika dari Denpasar maka kalian akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Karena Toyabungkah berada di tepi Danau Batur, maka untuk mencapai mata air panas ini kalian harus turun ke bawah ke arah Danau Batur terlebih dahulu. Dari Danau Batur ke mata air panas, kalian akan menemui jalan berkelok yang penuh dengan batu lava kering sisa-sisa dari letusan Gunung Batur. Perjalanan ini lumayan jauh, namun semua usaha dan rasa lelah kalian akan terbayar ketika kalian berendam di mata air panas Toyabungkah ini. 

Kolam pemandian Toyabungkah di bagi menjadi dua yaitu pemandian air panas Toyabungkah yang penataannya masih alami yang lebih sering digunakan untuk pemandian umum warga sekitar dan pemandian air panas yang memiliki tembok pembatas yang biasanya dipergunakan oleh para wisatawan. Dari kolam pemandian ini kalian akan disuguhkan pemandangan Gunung Batur yang luar biasa indah, dan Danau yang berada satu jengkal jauhnya membuat pemandian air panas ini terasa menyatu dengan Danau Batur.

photo0778Mata air panas Toyabungkah ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit dan gatal-gatal oleh penduduk sekitar, karena itu tidak heran banyak sekali wisatawan yang datang ke mata air panas ini. Selain untuk berobat, tentu saja untuk melihat pemandangannya Gunung Batur yang indah. Gunung Batur yang berlokasi di Kecamatan Kintamani ini merupakan objek wisata andalan dari Kabupaten Bangli, karena Bangli merupakan satu-satunya Kabupaten di Bali yang tidak memiliki pantai 🙂

Dari Toyabungkah ini travelers juga bisa berkunjung ke Desa Kedisan di tepi Danau Batur sebelah Selatan. Desa yang terkenal dengan kebun sayurnya yang indah terdapat dermaga untuk penyebrangan menuju Desa Trunyan. Travelers tentu tahu dong Desa Trunyan. Desa yang memiliki tradisi unik dalam melakukan pemakaman ini terkenal banget loh. Atau sekalian mengunjungi Gunung Batur untuk melihat kaldera dan kawahnya yang terkenal? Yang pasti travelers bisa menambah referensi lokasi wisata untuk dikunjungi 😉 Karena banyaknya wisatawan yang datang ke Toyabungkah untuk menikmati mata air panas alami ini, kini sudah banyak beridiri resort-resort yang menyediakan kolam air panas lengkap dengan paketnya seperti handuk, welcome snack, bahkan paket menginap.

 

 

Referensi :

http://infoseputarbali.blogspot.co.id/2011/04/dimana-air-panas-toyah-bungkah.html

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *