Menguji Stamina : Trekking di Buleleng

Air Terjun Kembar GitgitBanyak wisatawan lokal yang lebih memilih Bali Selatan untuk berlibur. Selain unggul dalam ketenaran akan wisata pantainya, objek wisata di Bali Selatan memiliki segala yang dibutuhkan para wisatawan, baik itu sarana dan prasarana seperti hotel dan restoran yang dekat dengan lokasi wisata juga fasilitas lebih yang menunjang seperti tempat berbelanja yang sesuai dengan minat para wisatawan asing. Namun akhir-akhir ini objek wisata di kawasan Bali Utara mulai memperlihatkan pesonanya kepada dunia. Objek wisata yang lebih mengunggulkan wisata alamnya ini mulai ramai dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat petualangan alam, sebut saja rafting, wisata bersepeda, hiking dan trekkng. Terlebih lagi Bali Utara banyak memiliki objek wisata alam seperti Kintamani yang tersohor dengan keindahan Gunung Baturnya, juga Air Terjun indah yang beberapa berada di Kabupaten Buleleng. Selain itu Buleleng menjadi satu-satunya tempat trekking yang menyajikan pemandangan air terjun, bagaimana travelers? Kalian tertarik?

Air Terjun GitgitTempat trekking yang akan kita bahas adalah trekking di lokasi wisata Air Terjun Gitgit yang menjadi favorit para wisatawan. Apa sih trekking itu? Trekking adalah kegiatan berjalan kaki di alam bebas yang dilakukan untuk tujuan rekreatif maupun olahraga. Trekking termasuk sebagai kegiatan yang tidak berat, karena kegiatan ini hanya menyusuri jalur yang sudah dibuat. Terlebih Air Tejun Gitgit berada diantara perkampungan dan kebun cengkih sehingga membuatnya lebih mudah untuk dilewati. Air terjun Gitgit terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada – Buleleng, tidak jauh dari kawasan wisata Bedugul. Jadi kalian bisa mampir ke air terjun ini ketika kalian berkunjung ke Bedugul.

Air Terjun BertingkatPerlu kalian ketahui Air Terjun Gitgit merupakan air terjun kembar ya, dan di sekitarnya terdapat empat buah air terjun yang memiliki ketinggian dan bentuk yang berbeda-beda. Air Terjun Kembar Gitgit menjadi air terjun pertama yang akan kalian temui. Berada tidak jauh dari lokasi parkir sekitar 500 meter. Air Terjun Kembar atau sering disebut Ait Terjun Campuhan ini memiliki 2 air terjun yang berdampingan dan memiliki bentuk yang sama persis. Meski air terjun ini tidak terlalu tinggi, namun air terjun ini terlihat indah. Hati-hati ya guys, air terjun ini memiliki arus yang lumayan deras, jadi pastikan keselamatan kalian jika kalian ingin bermain air di sini ya.

Air-Terjun-Gitgit-BaliSetelah itu kalian bisa melanjutkan menuju air terjun kedua yaitu  Air Terjun Mekalongan yang berada tidak jauh dari air tejun kembar. Air terjun Mekalongan sedikit lebih tinggi dari air terjun sebelumnya, selain itu air terjun Mekalongan memiliki debit air yang lebih besar karena sumber airnya yang berasal dari aliran Air Terjun Kembar Gitgit. Air terjun selanjutnya adalah Air Terjun Bertingkat, berada di lokasi yang cukup  jauh dari dua air terjun sebelumnya, di sinilah kalian akan menikmati pemandangan perkebunan cengkih dan pemukiman warga yang asri. Jalur yang akan kalian tempuh berupa jalan setapak yang berbelok-belok dan naik turun. Jenis trekking yang akan memberikan dampak kesehatan bagi kalian 😀 Seperti namanya, air terjun ketiga ini memiliki dua tingkat. Meski tidak setinggi dua air terjun sebelumnya, namun Air Terjun Bertingkat cukup indah. Selain itu di bawah Air Terjun Bertingkat terdapat air terjun lagi. Inilah air terjun keempat yang terletak di bawah jembatan dan tertutup oleh pepohonan. Sayangnya kalian hanya bisa menikmati keindahan air terjun ini dari atas jembatan.

Bagaimana tertarik untuk menjelajah ke empat air terjun ini? Langsung saja datang dan rasakan sendiri tantangan trekking yang ada di Air Terjun Gitgit, jika kurang tertantang kalian bisa menjelajahi pemukiman dan hutan di sekitar Air Terjun Gitgit. Tidak usah khawatir dengan penginapan, kalian bisa bermalam di Puri Candikuning yang berada tidak jauh dari Air Terjun Gitgit. Selamat menjelajah 😉

 

 

Referensi :

http://www.rentalmobilbali.net/aktivitas-wisata/air-terjun-gitgit-buleleng-bali/

http://edyraguapo.blogspot.co.id/2010/07/8-air-terjun-terindah-di-bali.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *