Menengok Karya Kartunis Indonesia Di Museum Kartun

detik_Museum_Kartun_3Sudah berbelanja souvenir di pusat oleh-oleh Pabrik Jangkrik 85? Mengagumkan bukan kartun-kartun yang dipajang di souvenirnya? Eits, jangan pulang dulu, karena di sebelah Pabrik Jangkrik 85 ada sebuah gedung yang memajang kartun-kartun yang ada di souvenir anda. Jadi untuk anda yang mengaku pecinta kartun, silahkan datang ke gedung yang bernama Museum Kartun Indonesia. Museum yang berada di Jalan Sunset Road No. 85 ini hadir juga berkat dari pendiri Pabrik Jangkrik 85, Istio Adi. Museum Kartun Indonesia merupakan museum kartun pertama dan satu-satunya di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Dengan kehadiran museum ini semakin melengkapi dstinasi wisata yang ada di Bali, terutama untuk kategori museum yang semakin membuktikan Bali sebagai destinasi wisata dengan banyak pilihan tempat menarik untuk dikunjungi.

museumkartunMuseum Kartun Indonesia dibangun di atas lahan seluas 1.600 meter persegi dan diresmikan pada tanggal 13 Maret 2008. Peresmian tersebut dilakukan oleh sejumlah kartunis senior Indonesia, seperti Priyanto Sunarto, GM Sudarta, Jango Peramartha, Pramono R. Pramooedjo, Cece Riberu, dan juga Praba Pangripta. Turut pula hadir sejumlah komunitas kartunis Indonesia seperti PAKYO (Paguyuban Kartunis Yogya), SESAC (Semarang Cartoonist Club), KOKKANG (Kelompok Kartunis Kaliwungu), SLOKI (Solo Kartunis Indonesia), KARAMBA (Kartunis Ambarawa), KARAENG dari Makassar, dan juga PAKARTI (Persatuan Kartunis Indonesia). Dengan keberadaan Museum Kartun Indonesia diharapkan bisa membawa nasib para kartunis bisa sejajar dengan para pekerja seni lainnya, seperti pelukis dan karya lukis mereka.

Museum_Kartun_5Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000, anda bisa menikmati 300 karya kartun dengan beragam tema. Gambar-gambar kartun tersebut merupakan karya dari puluhan kartunis Indonesia. Sejumlah tema yang diangkat oleh museum bergaya pop ini misalnya perjalanan sejarah Indonesia yang dikemas dalam bentuk kartun. Sejumlah tokoh penting dalam sejarah Indonesia juga menjadi karikatur yang dipajang di museum ini. Misalnya para mantan presiden Indonesia, mulai dari presiden pertama Soekarno, Soeharto, Gus Dur, Megawati, hingga presiden ke-5 Susilo Bambang Yudhoyono juga dibuat kariakturnya. Ada pula karikatur Marsinah, sosok yang getol memperjuangkan hak buruh.

museum kartunSejumlah tema berat juga diangkat menjadi gambar kartun, seperti illegal logging, pemberantasan korupsi, dan juga peristiwa bom bali satu. Sejumlah anekdot yang akan membuat anda tersenyum simpul juga dipajang di sana. Tak ketinggalan kehidupan para kartunis sehari-hari juga diangkat menjadi tema kartun yang dipajang. Para kartunis berusaha menyampaikan pesan melalui kartun-kartun mereka dan sejuah ini cukup mudah dimengerti dan mengena di hati pengunjung. Tak hanya melihat aneka gambar kartun, pengunjung juga bisa mengikuti berbagi aktivitas menarik lainnya, seperti melihat proses pembuatan kartun dan mengikuti pelatihan membuat kaos kartun. Selain itu masih ada sejumlah pelatihan lainnya yang diadakan dengan bekerja sama dengan Pabrik Jangkrik 85. Sejumlah karya kartunis senior tidak hanya dijumpai dipajang di museum saja namun juga bisa anda dapatkan di kaos yang dijual di Pabrik Jangkrik 85. Jadi jika anda menginginkan destinasi yang berbeda kala ke Bali, Museum Kartun Indonesia bisa menjadi salah satu pilihan.

Refrensi:

http://www.anythingbali.com/museum-kartun-bagi-pecinta-kartun/

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *