Liburan Seru di Pantai Perancak

cara-menuju-perancakGuys pantai ini harus kalian kunjungi kalo lagi jalan ke Bali! Pantai Perancak gak cuma ngasih pemandangan pantai doang, di sana juga ngasih pemandangan perahu nelayan yang berjejer disepanjang bibir pantai. Daya tarik utama Pantai Perancak memang dari kampung nelayan-nya. Karena itulah Pantai Perancak menjadi lokasi perlombaan sampan dayung tradisional yang menjadi agenda tetap dalam serangkaian acara peringatan ulang tahun Kota Negara pada tanggal 20 Juli. Di pantai ini kalian bisa melihat para nelayan melakukan aktifitas ketika pulang dan pergi melaut, juga kalian bisa melihat para nelayan yang sedang mengolah ikan hasil tangkapan.

pelatihan-relokasi-telur-penyu-di-pantai-perancak-baliDi Pantai Perancak travelers juga bisa melakukan kegiatan melepaskan Tukik atau Anak Penyu di sini. Pantai Perancak dianggap sebagai tempat yang cocok bagi Penyu untuk bertelur, karena itulah di Pantai Perancak ini terdapat tempat penangkaran Penyu Laut yang bernama “Kurma Asih”. Anggota kelompok Kurma Asih ini melakukan kegiatan penyelamatan penyu dengan memindahkan telur-telur penyu, kemudian ketika tukik ini lahir mereka akan melepaskan tukik ke bibir pantai.

4Di dalam penangkaran ini terdapat penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang dan penyu belimbing. Oh ya jika travelers ingin berpartisipasi untuk melepaskan tukik ke laut, datanglah pada bulan April dan September ya. Karena pada bulan-bulan tersebut penyu bertelur. Di penangkaran ini kalian juga bisa melihat bagaimana proses kembang biak penyu. Penangkaran ini sudah ada sejak 11 Juni  1997 dan sudah bekerja sama dengan lembaga konservasi internasional non pemerintah, World Wildlife Fund.

sirkuit-perancakYang membuat liburan di Pantai Perancak semakin seru adalah, di Pantai ini terdapat sirkuit motor cross dan road race. Bahkan kedua sirkuit ini merupakan sirkuit nasional dan menjadi tempat perlombaan motor cross dan road race skala nasional. Sirkuit ini juga dilengkapi dengan taman yang indah. Jadi jika travelers ingin liburan tambah ramai dan seru pastikan berkunjung ke Pantai Perancak pada musim perlombaan ya. Karena pada waktu itu wisatawan melonjak tajam untuk melihat perlombaan nasional dan juga untuk menikmati keindahan Pantai Perancak.

sampan-usak03-fb_6308Selain itu di dekat Pantai Perancak juga terdapat hutan bakau guys. Kalian bisa berkunjung ke sana dan mengabadikan momen kalian sekalian berkunjung ke Pusat Riset Tekhnologi Kelautan. Apa tuuh? Itu adalah pusat riset yang berfungsi untuk melihat dan menentukan titik berkumpulnya ikan melalui satelit. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu mengembangkan industri kelautan di Kabupaten Jembrana ini.

Gimana travelers? Belum seru juga liburannya? Kalo gitu kalian harus bermalam di Jembrana untuk menyaksikan sunset di Pantai Perancak. Banyaknya kapal nelayan yang berjejer di bibir laut dan pantulan sinar matahari senja memberikan pemandangan yang eksotik dan sensasi yang romantis. Cocok untuk dilewatkan bersama pasangan kekasih 😉

 

Referensi :

http://www.anythingbali.com/pesona-di-sekitar-pantai-perancak/

http://panduanwisata.id/2015/02/06/ada-hamparan-perahu-nelayan-di-bibir-pantai-perancak/

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *