Kemegahan Gunung dan Danau Batur

danau dan gunung baturBali dianugrahi alam yang begitu indah. Hampir di setiap tempat di Bali memiliki pesona alam yang menakjubakan. Tak heran jika pulau ini dianugrahi dengan nama Pulau Surga. Salah satunya adalah kasawan Kintamani, dengan salah satu desa pegunungannya. Di sana berdiri sebuah gunung berapi yang masih aktif hingga kini, Gunung Batur. Kawasan Gunung Batur memiliki pesona yang menakjubkan, termasuk juga Danau Batur yang berasal dari kalderanya. Keberadaan Gunung dan Danau Batur telah menjadikan suasana di sekitar Kintamani terasa sejuk di siang hari dan dingin di malam hari. Dan inilah yang menjadi alasan kecintaan wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

www.richard-seaman.comGunung Batur yang berada di Desa Kedisan, Kintamani ini merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Bali setelah Gunung Agung. Dalam cerita masyarakat setempat, Gunung Batur merupakan puncak dari Gunung Semeru yang dipindahkan oleh Bathara Pasupati untuk istana Dewi Ranu. Untuk mengharapkan keberkatan dari dua dewa tersebut yang berupa tanah yang subur, masyarakat sekitar Gunung Batur memberikan persembahan kepada mereka pada hari-hari tertentu. Gunung yang telah ditetapkan sebagai Geopark atau Taman Bumi oleh UNESCO ini memiliki tiga kerucut api dengan masing-masing kawahnya. Pemilihan ini dikarenakan landscape geologi Gunung Batur yang unik dan indah.

kaldera gunung baturGunung yang telah meletus sebanyak 26 kali sejak tahun 1804 ini memiliki tinggi hingga 1.771 meter. Kaldera yang merupakan fitur vulkanik akibat bentukan letusan vulkanik yang dimiliki Gunung Batur cukup besar dan paling indah di dunia. Kaldera tersebut berukuran 13.8 km x 10 km dan memiliki tinggi pematang antara 1.267-2.152 meter. Ada tiga kaldera yang dimiliki Gunung Batur dan diperkirakan telah terbentuk sejak 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu. Masing-masing kaldera memiliki nama yang berbeda. Undak Kintamani merupakan nama Kalder I dengan Kaldera II di dalamnya yang memiliki garis tengah kurang dari 7 km dan bentuk yang melingkar. Sedangkan Kaldera II memiliki dasar yang lebih rendah, sekitar 120 – 300 m. Desa Batur dan Pura Ulundanu yang sempat hilang akibat terkena letusan Gunung Batur kembali dibangun di sebelah selatan Kaldera.

danau_baturDanau Batur berada di Kaldera yang berada di baguian tenggara. Danau yang berbentuk bulan sabit tersebut memiliki panjang 7.5 km dengan lebar 2.5 km. Sementara luas danau Batur mencapai 16 km² dan keliling 22 km. Danau yang menjadi andalan wisata danau di Bali ini memiliki aliran air yang dianggap suci. Untuk bisa ke tepi danau ini, anda harus menuruni bukit yang terjal, berpasir, dan berbatu. Sebuah sumber mata air panas yang bernama Toyabungkah berada di pinggir barat Danau Batur. Pemandian air panas ini tidak hanya bisa sebagai terapi namun juga memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

Sunrise-Gunung-BaturPuas menikmati kemegahan Gunung Batur dan keindahan Danau Batur, anda bisa berbelanja jeruk yang merupakan produksi khas daerah sekitar Kintamani. Beragam toko souvenir juga turut meramaikan daerah di sekitar Gunung Batur. Oh iya, Gunung Batur juga tempat yang pas untuk melihat sunrise di Bali. Karena cuaca di sekitar Gunung dan Danau Batur sering dingin, jangan lupa untuk mengenakan pakaian hangat selama di sana. Agar anda tidak pusing memikirkan biaya akomodasi dan transportasi selama di berwisata di Gunung dan Danau Batur, sebaiknya anda bergabung dengan paket liburan ke Bali.

Anda juga bisa mengenal Gunung Batur lebih mendalam di Musuem Gunung Batur.  Jika anda penasaran dengan pemandian Toya Bungkah, anda bisa membaca di sini.

Refrensi:

  • http://www.anythingbali.com/pesona-gunung-batur-taman-bumi-di-indonesia/
  • http://indonesia.travel/id/destination/359/batur

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *