Kedamaian di Tengah Keindahan Alam Air Terjun Blahmantung

air-terjun-pupuan1Bali memang identik dengan pantainya yang eksotis, pura yang indah dan budayanya yang kental. Tapi jangan salah travelers, Bali juga memiliki pemandangan gunung yang mengagumkan dan hutan rimbun yang menantang untuk di jelajahi. Wisata di Bali memang gak ada habisnya, kali ini yang akan kita bahas adalah Air Terjun Blahmantung.

pupuan-the-waterfall

Kemaren udah bahas Air terjun Gitgit yang sangat terkenal dan memiliki treking yang lumayan menantang. Namun di wisata Air Terjun Blahmantung ini, kalian akan merasakan kedamaian yang susah kalian dapatkan ketika berkunjung ke Bali.

Bali memang penuh sesak denga para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Di manapun kalian menemukan tempat wisata yang bagus, wisata tersebut akan di penuhi para wisatawan. Berbeda dengan wisata Air Terjun Blahmantung yang memberikan kenyamanan dan kesunyian.

Air terjun yang terletak di Desa Pujungan Kecamatan Pupuan – Tabanan ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Pupuan. Letaknya yang tersembunyi di tengah perkebunan kopi dan berada di antara tebing-tebing yang tinggi serta jauh dari perkampungan penduduk, menjadikan lokasi wisata yang satu ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menyepi dan melakukan relaksasi untuk menyegarkan tubuh.

Kalian tidak akan menemukan bangunan apapun di sekitar Air Terjun Blahmantung, hal ini juga yang menyebabkan suasana di sekitar air terjun masih sangat alami. Hanya ada pura dan gazebo yang kondisinya memprihatinkan. Namun jangan khawatir kalian akan kelaparan, di jalan menuju air terjun terdapat warung yang menjual makanan dan minuman meskipun tidak banyak.

Sebenarnya terdapat 3 air terjun di sini, air terjun pertama yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak di dekat sebuah pura. Air terjun kedua terletak di bawah air terjun pertama dan terpisah jarak kurang lebih 200 meter. Air terjun kedua ini lebih kecil dari pada air terjun pertama. Kalian hanya dapat menikmati air terjun kedua dari atas saja, karena akses jalan untuk melihat air terjun dari bawah dan depan masih belum tersedia dan kalian harus menyusuri sunga untuk sampai ke sini. Kebanyang gimana alaminya air terjun ini kan? šŸ˜‰

big1457836Air terjun ketiga ini memiliki rute jalan yang agak berbeda dari kedua air terjun sebelumnya. Untuk menuju air terjun pertama dan kedua kalian akan melewati jembatan miring, namun untuk sampai ke air terjun ke tiga kalian tidak melewati jembatan ini.

Air terjun ketiga berada di seberang Bendungan Irigasi Sabah Hulu. Air terjun ini tidak akan kelihatan semuanya karena tertutup oleh pepohonan dan semak-semak yang rimbun. Namun air terjun ini tidak kalah indah dari air terjun yang pertama.

Jalan menuju air terjun terbilang cukup baik kondisinya, kalian akan menempuh perjalanan sekitar 1,5 km untuk sampai di Desa Pujungan dari jalan raya utama. Di dekat jembatan yang menanjak kalian harus memarkirkan kendaraan kalian dan melanjutkan dengan berjalan kaki. Bagi kendaraan roda empat, titipkanĀ kendaraan kalian di rumah penduduk sebelum jembatan.Ā Untuk lebih mudahnya, anda bisa memakai jasa paket tour Bali jika anda pemula dalam hal travelling.

Untuk masuk ke air terjun ini kalian tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

 

 

https://sites.google.com/site/wisataairterjun/bali/air-terjun-blehmantung-1

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *