Indahnya Kebun Raya Eka Karya Bali

SONY DSC

Bali juga memiliki kebun raya yang sangat indah yakni Kebun Raya Eka Karya Bali yang terletak di Kabupaten Tabanan. Tempat wisata di Bali ini tepatnya berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti dan juga berada di kawasan wisata Bedugul. Itu artinya Kebun Raya Eka Karya ini berada tidak jauh dari lokasi wisata Danau Beratan yang terkenal dengan Pura Ulun Danu nya. Kebun Raya Eka Karya ini memiliki luas 157.5 hektar dan berada di ketinggian 1250 mdpl, nama ‘Eka Karya’ di ambil dari kata ‘Eka’ yang berarti satu dan ‘Karya’ yang berarti hasil kerja sehingga nama kebun raya ini memiliki arti sebagai kebun raya pertama hasil kerja dari Bangsa Indonesia setelah kemerdekaan. Nama Eka Karya ini diusulkan oleh I Made Taman yang saat itu bekerja sebagai Kepala Badan Konservasi Lingkungan dan Pelestarian.

bedugarden1Kebun raya yang pada awalnya didirikan khusus untuk mengumpulkan tanaman berdaun jarum gymnosperma dari seluruh dunia, tumbuhan gymnosperma tumbuh dengan baik di kebun raya ini. Pada awal di bukanya kebun raya ini banyak tumbuhan yang diimpor dari Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Bogor untuk mengisi kebun raya seperti tumbuhan Araucaria Bidwillii, Podocarpus imbricatus, Cupresus sempervirens, Casuarina junghuhniana dan Pinus Masoniana.  Kebun Raya Eka Karya ini cocok sebagai lokasi wisata bagi para pelajar. Hal ini disebabkan karena kebun raya yang unik ini merupakan tempat konservasi dan penelitian tumbuh-tumbuhan juga sebagai tempat pembelajaran dan juga rekreasi.

SONY DSC

Terdapat koleksi lebih dari 2000 spesies tanaman di kebun raya ini beberapa diantaranya tanaman Begonia, Anggreik, Paku/Pakis, Kaktus, koleksi lumut, Bambu, Tanaman Air, Tanaman Obat, Palma dan masih banyak lainnya. Tempat ini sangat cocok sebagai lokasi piknik bersama keluarga. Di kebun raya ini kalian tidak hanya menikmati kesejukan dan keindahan serta hijaunya kebun raya, namun kalian juga dapat mengunjungi beberapa spot menarik lainnya seperti Roses Garden, Candi Bentar, Patung Kumbakarna Laga, pemandangan Danau Beratan, Ramayana Boulevard dan Usada Cafe.

34754838Kebun raya yang sangat asri, hijau, indah dan sejuk ini memiliki suhu yang berkisar 17-25 derajat celcius pada siang hari dan 10-15 derajat celcius pada malam hari dan kadar kelembapan 70-90% ,  ketika kalian ingin mengunjungi kebun raya ini diharapkan memakai pakaian yang hangat dan juga payung karena cuaca di kebun raya ini sulit diprediksi, terutama saat musim hujan seperti saat ini. Ketika mengunjungi Kebun Raya Eka Karya, diharapkan kalian membawa kendaraan pribadi, taksi atau bus wisata karena transportasi umum seperti angkot agak susah di temui melintas di sekitar kebun raya hal ini disebabkan karena jadwal yang sering berubah.

SONY DSC

Asiknya kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesarRp.7000 saja untuk wisatawan domestik dan Rp.18.000 untuk wisatawan asing. Harga tiket belum termasuk parkir kendaraan ya 😀 Kunjungi juga Pura Ulun Danu  yang berada di Danau Beratan yang sudah sangat terkenal dengan keindahan pemandangan di sekitar pura dan juga pasar buah dan sayuran tradisional Bedugul  yang berada tidak jauh dari kebun raya. Selamat berlibur 😉

 

 

 

Referensi :

http://www.id.baliglory.com/2015/07/kebun-raya-eka-karya-bedugul-tabanan-bali.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *