Hitamnya Pasir Pantai Delod Berawah

Pantai_Delod_Berawah_2-700x467Pulau Dewata menyediakan pantai yang indah disetiap sudutnya. Karena itu tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bali tanpa menjenguk salah satu pantainya. Dan pantai indah yang akan kita bahas kali ini adalah Pantai Delod Berawah, yang berada di Kecamatan Mendoyo, Jembrana. Seperti pantai di Jembrana lainnya, Pantai Delod Berawah berpasir hitam. Pasir hitam inilah yang konon dikatakan mampu menyembuhkan segala macam penyakit.

Pantai_Delod_Berawah_3Pantai Delod Berawah ini tak kala indah dengan pantai lainnya. Begitu juga dengan ombaknya. Ombaknya yang cukup besar banyak menarik minat  peselancar baik pemula atau profesional untuk menghabiskan waktu bersurfing ria di sini. Untuk mengembangkan wisata di Desa Delod Berawah, pemerintah setempat menyediakan berbagai macam wahana, salah satunya adalah wahana kolam renang yang terletak di tepi pantai. Jadi ketika ombak sedang besar, travelers tetap bisa berenang dengan aman di kolam renang Taman Rekreasi Tirta Samudra Delod Berawah.

Pantai-dan-Taman-Wisata-Delod-Berawah-beritabaliDi Pantai Delod Berawah juga disediakan lokasi dengan pasir putih untuk memberikan kenyamana kepada para wisatawan yang ingin berjemur. Oh ya travelers, kelebihan dari Pantai Delod Berawah ini adalah lokasi wisata yang masih sangar asri dan alami. Selain itu di sekitar pantai juga terdapat areal lapang yang bisa kalian gunakan untuk bermain sepak bola atau volley pantai. Juga Pantai Delod Berawah ini bersih dari batu-batuan besar disepanjang pantainya. Sehingga travelers bisa aman bermain air di pantai. Tapi tetap hati-hati ya, karena ombak di sini cukup besar. Lebih baik berhati-hati untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Selesai bersenang-senang di pantai, travelers bisa meluangkan waktu untuk berjalan-jalan di Desa Delod Berawah. Di sana kalian akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dan asri. Selain itu di Desa delod Berawah ini ada suatu kebudayaan yang masih sangat bertahan, yakni Makepung. Makepung adalah tradisi adu balap kerbau di Jembrana. Mungkin travelers akan langsung ingat dengan karapan sapi yang ada di Madura. Memang hampir menyerupai, tetapi karena di Bali hewan sapi dianggap suci, maka kerbau-lah yang digunakan.

makepungMakepung ini sudah menjadi agenda tahunan di jembrana loh guys. Karena Makepung kini menjadi atraksi budaya yang paling menarik dan banyak diminati. Dan ketika perlombaan Makepung diadakan, peserta bisa mencapai 300 pasang kerbau. Banyak banget kan travelers? Bahkan peserta yang berpartisipasi tidak hanya dari kalanga petani saja,  juga dari kalangan pegawai dan pengusaha dari kota.  Suasana perlombaan Makepung menjadi semakin meriah ketika para pemusik jegog, yakni gamelan Bali yang terbuat dari bambu, mulai di bunyikan.

Makepung awalnya merupakan permainan yang dilakukan oleh para petani di sela-sela kegiatan membajak sawah. Mereka saling adu cepat memacu kerbau dengan mengaitkannya pada sebuah gerobak yang dikendalikan oleh seorang joki. Di Pantai Delod Berawah juga di sediakan arena perlombaan Makepung loh. Jadi tunggu apalagi travelers? Langsung cuus ke Pantai Delod Berawa untuk merasakan sendiri keseruan Makepung sekaligus menikmati keindahan pantainya.

 

Referensi :

http://www.anythingbali.com/akhir-pekan-di-pantai-delod-berawah/

http://www.wisatabaliaga.com/blog/makepung-tradisi-adu-balap-kerbau-di-jembrana-bali/

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *