Garuda Wisnu Kencana, Satu Tempat untuk Berbagi Banyak Momen

garuda_wisnu_kencanaSiapa yang tak mengenal Garuda Wisnu Kencana? Salah satu monumen terbesar di dunia ini merupakan tempat favorit wisatawan ketika berada di Bali. GWK memang menjadi one stop tourist spot dengan menawarkan berbagai petualangan epik yang mengagumkan. Di sini anda bisa menikmati berbagai atraksi klasik khas Bali di sebuah tempat dengan panorama yang mengagumkan. Berbagai vendor kuliner yang ada di GWK menjadi tempat yang pas bagi anda usai menikmati berbagai sajian kesenian yang berpadu dengan teknologi modern. Selain itu, ada banyak pilihan toko souvenir yang akan melengkapi petualangan epik anda dan menciptakan kesan yang tak terlupakan.

WISNU-PLASAKisah GWK sendiri berasal dari kisah Mahabarata mengenai Sang Garuda, anak dari pasangan Resi Kasyapa dan Vinata. Ia diangkat menjadi raja para burung oleh Batara Wisnu karena kekuatan dan tekadnya untuk menyelamatkan ibunya dan mengembalikan Amertha yang dicurinya kepada para dewa. Garuda pun akhirnya menjadi kendaraan bagi Batara Wisnu. Kisah ini yang kemudian diabadikan dalam wujud patung GWK yang berupa Dew Wisnu mengendarai Garuda. Patung ini dibuat oleh I Nyoman Nuarta yang juga menangani pembuatan Patung Proklamator Republik Indonesia. Patung dengan tinggi mencapi 120 meter dan bentangan sayap mencapai 64 meter ini berdiri di tempat tertinggi di Bali Selatan, tepatnya di Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Badung di area seluas 10.000 m². Dengan lokasinya inim GWK menjadi tempat yang tepat untuk melihat matahari terbit dan terbenam dengan panorama Kuta, Sanur, dan Benoa.

Garuda-Wisnu-Kencana-GWKPatung GWK terdiri dari dua bagian, yakni bagian utama terbuat dari 3000 ton tembaga dengan patung-patung kecil yang dilapisi mozaik emas menjadi aksesoris garuda dan bagian keduanya sebagai alas monumen seluas 30.000 m². Di dalam alas monumen ini terdapat banyak fasilitas, termasuk sebuah ballrom multifungsi yang biasanya digunakan untuk berbagagi konferensi dan pameran seni. Di sekitar patung GWK terdapat Taman Budaya seluas 60 hektar yang menyajikan berbagai atraksi dengan banyak fasilitas pendukung. Dan sejak tahun 2013 pengelolaan Taman Budaya GWK dipegang oleh PT Alam Sutera Realty, sebuah perusahaan properti terkemuka di Indonesia.

Di sekitar Taman Budaya GWK terdapat banyak tempat rekreasi yang bisa anda pilih, seperti:

wisnu plaza dan street theater1. Wisnu Plaza, yang berada di tempat tertinggi sekaligus menjadi lokasi patung Wisnu berada. Air mancur yang berasal dari Parahyangan Somaka Giri mengelilingi patung tersebut. Air tersebut dipercaya sebagai air suci dan bisa membawa berkah, menyembuhkan penyakit serta memiliki kekuatan magis. Air ini juga digunakan memohon hujan kepada dewa pada musim kemarau.

2. Street Theater merupakan tempat pertama dan terakhir yang dilalui pengunjung ketika berada di GWK. Kisah Garuda Wisnu Kencana bisa anda saksikan di empat tembok besar yang mengelilingi trmpat ini. Street Theater sering dijadikan sebagai lokasi parade pertunjukan yang akan menemani anda dalam bersantap di Food Theater. Selain itu terdapat souvenir shop yang bisa anda manfaatkan untuk membeli pernak-pernik khas GWK dan Bali.

lotus pond dan taman indraloka3. Kolam teratai atau Lotus Pond merupakan kawasan outdoor terbesar di Bali. Lokasinya persis di samping patung GWK dengan lahan pilar batu kapur yang mengelilinginya. Dengan ptung GWK yang megah sebagai backgroundnya, tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat acara bergensi dan berskala besar, seperti konser musik ataupun pertemuan internasional.

4. Taman Indraloka adalah taman favorit yang digunakan untuk berbagai acara skala kecil dan menengah. Pemandangan alam yang menakjubkan di sekitar taman, yang layaknya surga dewa indra, menjadi alasan penamaan tempat ini.

amphitheater dan tirta agung5. Amphitheater adalah sebuah panggung terbuka yang luas berplatform dan memiliki tribun yang bisa menampung 800 orang. Di sini anda bisa menyaksikan pertunjukan kesenian Bali, seperti tari barong dan tari kecak. Panggung ini juga bisa digunakan pada acara-acara khusus, seperti konser mini dan perpisahan siswa.

6. Tirta Agung adalah lokasi pertama yang akan menyapa anda dengan contoh tangan Wisnu yang berada di tengah-tengah batu kapur GWK.

restoran jendela bali dan the new berandaSelain di Food Theater, GWK juga menawarkan beberapa restoaran terbaik mereka, Jendela Bali dan The New Beranda. Jendela Bali akan mengajak anda mencicipi makanan khas Bali dengan panorama yang mengesankan. Dengan lokasinya yang berada di ketinggian 300 meter dari permukaan laut, anda bisa menyaksikan pemandangan Pantai Kuta dan Jimbaran di sebelah barat serta Pantai Snaur dan Tanjung Benoa di sisi timur. Selain itu, kemegahan Gunung Agung dan Gunung Batur juga bisa anda saksikan dari sini. Restoran ini bisa anda kunjungi ketika makan siang ataupun makan malam bersama keluarga ataupun kolega. The New Beranda merupakan restoran baru yang disediakan oleh Taman Budaya GWK. Tak hanya pemandangan yang menakjubkan yang bisa anda saksikan, namun restoran ini juga menawarkan konsep menu all-you-can-eat. Selain itu ada pula menu buffet dengan harga terjangkau, menjadikan saat bersantap anda terasa menyenangkan dan sempurna.

segway2Fasilitas lain yan juga ditawarkan oleh GWK adalah shuttle bus yang bisa anda manfaatkan untuk menuju ke GWK dari Denpasar. Nikmati pula jaringan wireless dengan koneksi yang super cepat dari Retoran Jendela Bali. Anda juga bisa mencoba mengendarai segway ataupun mengabadikan momen anda selama di GWK dengan berfoto di Photo Studio. Lapangan parkir yang disediakan juga cukup luas, sehingga anda tidak perlu khawatir menempatkan kendaraan anda. GWK memang lokasi yang pas untuk bisa merasakan berbagai wisata dengan pengalaman yang menakjubkan.

Refrensi:

http://www.gwkbali.com/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *