Desa Celuk, Sentra Kerajinan Emas dan Perak di Bali

celukKawasan Gianyar memiliki beberapa desa yang menjadi pusat kerajinan di Bali. Ada Desa Beng yang menjadi sentra kerajinan kaos barang dan Desa Mas yang menjadi sentra kerajinan ukir. Ada pula Keberadaan desa-desa ini sebagai sentra kerajinan, semakin menambah daya tarik Gianyar sebagai salah satu kawasan wisata di Bali. Nah, ada satu lagi desa yang menjadi sentra kerajinan di Gianyar, yakni Desa Celuk. Desa ini merupakan desa pengerajin emas dan perak di Bali dengan hampir semua penduduknya berprofesi sebagai pengerajin emas dan perak. Jadi anda yang penggemar perhiasan, bisa mendatangi desa ini untuk berbelanja beragam perhiasan yang akan mendukung penampilan anda.

perhiasan perak desa celukDesa Celuk berada di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Dibutuhkan waktu satu jam perjalanan jika anda dari Bandara Ngurah Rai melalui By Pass Ngurah Rai ke arah timur. Desa Celuk berada diantara lalu lintas dari Denpasar ke Kintamani. Jadi jika anda hendak berwisata ke Kintamani, bisa dipastikan anda melewati desa ini. Dari awal masuk ke Desa Celuk anda akan disambut dengan jejeran art shop di kanan-kiri jalan. Beragam kerajinan perak dipajang di sana, mulai dari anting, cincin, giwang, dan lain sebagainya di sebuah etalase tembus pandang yang menggoda anda untuk segera melihatnya. Masing-masing art shop disusun berdasarkan jenisnya. Penjaga art shop akan menyambut anda dengan ramah, meski anda hanya sekedar melihat-lihat. Mereka juga dengan sabar akan menjelaskan masing-masing perhiasan. Masing-masing perhiasan telah tertempel harga sehingga anda bisa menyesuaikan dengan budget anda. Oh iya, selain perhiasan, ada beberapa kerajian perak yang juga dijual di sini, mulai dari teko, piring, sendok, garpu, dan beberapa miniatur trasportasi.

pembuatan perhiasan di desa celukDesa Celuk telah terkenal sebagai sentra kerajinan perak sejak awal perkembangan wisata di Bali, tepatnya pada tahun 1976. Desa ini menjadi salah satu tujuan wisatawan selain kawasan Kuta dan Kintamani. Kualitas dari perhisan yang dihasilkan Desa Celuk memang tidak pernah berubah. Bahkan perhiasan Celuk telah merambah hingga ke pasar internasional. Selain berwisata aneka perhiasan perak, anda juga bisa melihat pembuatan perhiasan ini secara langsung. Beberapa warga ada yang masih menggunakan metode tradisional dalam pembuatan beragam perhiasan tersebut. Sebagian yang lain memilih metode modern atau menggabungkan keduanya untuk membuat perhiasan sebagaimana yang dijual di toko. Anda bisa menyaksikan sebagian atau keseluruhan proses pembuatan perhiasan di toko tersebut.

perhiasan kreasi desa celukAnda juga bisa menemukan perhiasan khas Celuk di Pasar Sukawati yang hanya berjarak 3 km dari Desa Celuk. Anda juga bisa menemukannya di Pasar Kumbasari yang merupakan pasar tradisional terbesar dan terlengkap di Denpasar. Di kawasan wisata seperti Kuta, Nusa Dua, Ubud, Kintamani dan Sanur, perhiasan khas Celuk juga bisa anda dapatkan. Namun masih lebih menyenangkan jika berbelanja langsung ke tempatnya. Anda bisa menggunakan paket tour ke Bali yang akan membantu anda untuk merencanakan kunjungan ke tempat wisata di Bali, termasuk sentra kerajinan perak, Desa Celuk. Nikmati akhir pekan anda, and happy weekend 🙂

Refrensi:

http://www.balitopholiday.com/desa-celukpusat-kerajinan-emas-dan-perak-di-bali/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *