Ceningan Cliff Jumping, Tempatnya Adu Nyali

Nusa-Lembongan_25Terjun bebas ke laut dari ketinggian 9 meter, berani? Lihat aja uda bikin merinding apalagi harus loncat hehe. Kalian bisa melihat ajang terjun atau cliff jumping ini di Blue Lagoon – Nusa Ceningan. Selain melihat pemandangan para bule yang nekat untuk terjun, kalian bisa memanjakan mata dengan melihat birunya air laut di Nusa Ceningan. Kenapa nekat? Karena cliff jumping di sini sudah di tutup beberapa tahun ini, hal ini disebabkan karena banyaknya korban cliff jumping dari korban luka ringan hingga yang terparah yaitu tewas. Memang cliff jumping merupakan kegiatan yang berbahaya, terutama ketika ombak sedang tinggi. Namun bagi penggila adrenalin, cliff jumping di Blue Lagoon tidak bisa dilewatkan begitu saja. Karena itulah meskipun tempat ini sudah ditutup dan tidak ada lifeguard yang berjaga, tetap saja banyak pengunjung yang datang untuk bersenang-senang dengan adrenalin mereka.

Nusa-Lembongan_19Nusa Ceningan sendiri berada di Selatan Nusa Lembongan. Di artikel sebelumnya telah kita bahas bagaimana akses untuk menuju Nusa Lembongan melalui Pantai Sanur. Dari Nusa Lembongan kalian tinggal menyewa motor dan melewati jembatan yang menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Di Nusa Ceningan ini banyak sekali spot yang indah untuk melakukan olahraga bawah laut. Namun yang paling dicari para turis asing adalah cliff jumping di Blue Lagoon ini. Bukan rahasia lagi jika para turis asing lebih memilih untuk berwisata di gugusan Pulau Nusa Penida. Karena lokasi yang masih asri dan belum terpengaruhi hingar bingar kehidupan modern.

Selain menikmati pemandangan indah dari Blue Lagoon, kalian bisa duduk manis melihat para wisatawan lain yang sedang melakukan cliff jumping. Kalian juga bisa berselfi ria sambil berkeliling Nusa Ceningan. Pulau ini lebih kecil dari Nusa Lembongan dengan panjang hanya 3.7 km dan lebar 1.5, jadi tidak perlu waktu lama untuk berkeliling pulau ini, kalian juga akan merasakan suasana pedesaan yang sangat kental di sini. Suasana yang sepi didukung dengan jalanan berbatu yang masih alamai. Oh iya, Nusa Ceningan lebih sepi dari Nusa Lembongan, itu artinya untuk urusan penginapan dan lain-lain kalian harus mencarinya di Nusa Lembongan.

IMG_4034wBiasanya cliff jumping ini ramai pada bulan Juni-September. Karena pada rentang waktu itulah kondisi laut relatif tenang. Jika kalian memang ingin mencoba cliff jumping untuk menguji adrenalin kalian, maka perhitungkan dengan baik. Di sana tidak ada penjaga yang siapmenolong, apabila terjadi sesuatu semua resiko akan kalian tanggung sendiri. Jadi jangan terburu terjun karena keasikan melihat bule asing terjun yaa. Kalian juga bisa mengunjungi spot-spot terbaik untuk melakukan snorkling di sekitar Nusa Ceningan, salah satunya adalah Gamat Wall. Jangan khawatir dengan perlengkapannya, karena di Nusa Lembongan sudah banyak tempat penyewaan peralatan snorkling sekaligus dengan perahunya. Jika berkunjung ke sini, jangan lupa berfoto di jembatan penghubung antara Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan ya guys, jembatan berwarna kuning cerah ini sudah menjadi landmark dari Nusa Ceningan.

 

 

Referensi :

http://backpackstory.me/2014/03/27/nusa-lembongan-hanya-selemparan-kolor-dari-bali/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *