Bukit Jambul, Melihat Keindahan Lembah, Bukit, Sawah, dan Laut dalam Satu Tempat

suasana-bukit-jambul-baliHuft … akhirnya weekend uda di depan mata. Travelers pasti uda gak sabar buat segera menjauh dari semua rutinitas dan beban pekerjaan selama hampir seminggu ini. Yuk kita keliling-keliling, mencari suasana baru, mengistirahatkan sejenak badan dan pikiran kita biar bisa lebih fresh. Paling enak kalau pergi ke daerah yang masih alami, yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau dan udara yang sejuk. Gak cuma bisa bikin pikiran lebih rileks namun juga bisa bikin kita jadi lebih sehat karena udara yang bersih dan kaya akan oksigen. Nah, kalau akhir pekan ini travelers ada rencana buat liburan ke Bali, coba deh singgah ke Bukit Jambul. Bukit yang satu ini bisa jadi alternatif kalau travelers gak sempet menangkan diri di Ubud. Pemandangan dan suasana yang ditawarkan gak kalah kok dari Ubud. Lokasinya juga mudah dijangkau karena ada di pinggir jalan. Jadi mau pakek motor maupun mobil, bisa singgah ke sini. Apalagi didukung dengan akses jalan yang lumayan baik. Jadi makin nyaman dan gampang buat ke Bukit Jambul. Yuk simak ulasannya.

bukit-jambul1Bukit Jambul masuk dalam kawasan Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, tepatnya di perbatasan Desa Nongan dan Desa Pesaban. Kalau travelers dari arah Klungkung, travelers bisa menjangkaunya tak perlu waktu yang lama karena hanya berjarak sekitar 8 km. Sementara jika dari arah Pura Besakih, bukit ini berjarak sekitar 15 km. Ya … lumayanlah buat singgah usai sembahyang di pura. Tapi kalau langsung dari Denpasar, cukup jauh juga perjalanan yang harus ditempuh karena jaraknya sekitar 51 km. Namun setibanya di Bukit Jambul, rasa lelah karena perjalanan jauh yang harus ditempuh langsung sirna. Pasalnya di sini travelers akan disuguhi dengan pemandangan yang menakjubkan, perpaduan dari topografi yang indah. Dari bukit ini saja travelersbisa melihat tingginya perbukitan yang dipadukan dengan lembah yang dipenuhi dengan pepohonan hijau serta pemandangan hijau padi dari sawah-sawah bertingkat atau terasiring. Semua pemandangan hijau yang menyejukkan tersebut masih dipadukan lagi dengan panorama laut lepas yang ada di kejauhan. Hanya dalam satu tempat, travelers bisa menikmati semua pemandangan dari empat tempat yang berbeda.

BukitJambulDari atas Bukit Jambul, travelers bisa melihat pemandangan yang ada di bawahnya. Mulai dari kelokan dan tanjakan yang ada di tengah-tengah lembah dimana lokasi perkebunan cengkeh berada. Memandang semua hal yang ada di sekitar Bukit Jambul nampak seperti lukisan alam yang menakjubkan. Dengan semua pemandangan hijau yang ditawarkan tak hanya memberikan kesejukan namun juga ketenangan. Ditambahk dengan udara yang bersih dan segar, memberikan kesempatan kepada paru-paru kita untuk sejenak menikmati udara yang sehat dan kaya oksigen setelah hampir sepekan terpapar polusi. Sejenak travelers bisa melupakan segenap permasalahan yang melanda, menenangkan pikiran dan badan untuk menghadapi hari Senin lebih semangat lagi. Ketenangan dan keramahan suasana pedesaan, semakin melengkapi semua pesona Bukit Jambul.

parkir-bukit-jambulTravelers tentunya penasaran mengenai asal muasal nama Bukit Jambul. Aslinya bukit ini oleh masyarakat setempat disebut dengan nama Babad Kelod dan Babakan Kaja. Babakan Kelod untuk daerah persawahan yang ada di selatan jalan raya sementara babakan kaja untuk daerah tegalan yang ada di utara jalan raya. Selain area persawahan tersebut terdapat sebuah bukit diantara jalan ke Klungkun dan Buleleng yang dipenuhi dengan pepohonan besar. Dari kejauhan pohon-pohon di atas bukit ini nampak seperti jambul dan menarik perhatian wisatawan. Karenanya tempat ini pun kemudian dibuka sebagai lokasi wisata dengan nama Bukit Jambul. Tak hanya menikmati wisata alam, travelers juga bisa berwisata religi ke sebuah pura yang ada di atas bukit bernama Pura Puncak Sari. Dan untuk mendukung wisata ke Bukit Jambul, pengelola telah menyediakan area parkir yang cukup luas. Jadi gak usah bingung buat cari tempat parkir meski lokasinya deket jalan raya. Kalau mau isi tenaga dulu bisa dateng ke restoran di deket tempat parkir. Banyak wisatawan yang menggunakan Bukit Jambul sebagai stopover. Kalau travelers juga ingin menikmatinya bisa langsung bertandang ke Bukit Jambul. Biar makin nyaman dan gak capek nyetir, gabung aja di open trip kita di tour murah Bali.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *