Bali Bird Park, Tempat Konservasi Burung Di Bali

Bali-Bird-ParkLibur lebaran ini anda ingin mengajak buah hati mengenal beragam jenis burung secara lengkap? Kebun binatang di kota anda tak mampu menjawab kebutuhan anda? Anda bisa bertandang ke Bali dimana terdapat taman burung yang pertama sekaligus yang terbesar di Indonesia, yakni Bali Bird Park. Taman burung ini berada di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar, Bali dan hanya berjarak sekitar 50 menit perjalanan jika ditempuh dari kawasan Kuta. Di sini anda dan si kecil bisa bermain dan mengenal ribuan jenis burung yang tidak hanya berasal dari Indonesia saja namun juga dari sejumlah negara di dunia. Ada sekitar 1.000 ekor burung yang berasal dari 250 spesies yang bisa anda saksikan di sini.

bali bird parkBali Bird Park bisa menjadi alternatif pilihan wisata di Bali untuk kategori ecotourism dan telah ada sejak 20 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 19 Oktober 1995 mulai dibuka untuk umum. Bali Bird Park berusaha untuk memberikan suasana layaknya habitat asli para burung dengan menyediakan 2.000 jenis tanaman tropis di area seluas 2 hektar tersebut. Keberadaan tempat ini pun berdasarkan keinginan dari sang pemilik untuk bisa melestarikan, melakukan konservasi dan pemuliaan pada kehidupan burung di dunia. Terbagi dalam delapan wilayah yang melingkupi area Indonesia, Afrika Selatan dan Amerika Selatan. Sementara untuk area Indonesia terbagi menjadi beberapa wilayah, yakni Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Papua, dan koleksi sejumlah burung hantu.

arae amerika dan afrikaDi area Amerika Selatan anda bisa melihat berbagai burung eksotis khas tempat ini seperti Scarlet Macaw, Scarlet Ibis, Buffon Macaw, Hans Macaw, Macaw biru dan emas, hingga Hyacinth Macaw yang merupakan burung beo terbesar di dunia. Selain itu juga terdapat Love Bird, Glossy Ibis, Green  Winged Macaw, Big Mandar, Orange-Winged Amazon, Red-fronted Macaw, dan juga Swainsonnya Toucan. Sementara untuk area Afrika Selatan ada banyak koleksi burung kakak tua, yang salah satunya adalah Grey Parrots yang memiliki keahlian menirukan suara manusia. Selain itu juga terdapat beraneka burung Flamingo yang asik berendam di kolam dengan berdiri di atas satu kaki. Koleksi yang lainnya adalah Violet Turaco, African Crowned Crane, Congo African Grey Parrot, Senegal Parrot, Von der Decken’s Hornbill, Purple Glossy Starling, Ground Hornbill, Amethyst Starling, dan juga Laughing Kookaburra yang memiliki suara seperti tawa manusia.

sumatera dan borneoPerjalanan kemudian berlanjut ke pedalaman hutan Sumatera yang memiliki sejumlah binatang endemik langka seperti Eagle Owl yang memiliki jumbai telingga yang menunjuk ke samping dan juga cakar yang kuat. Selain itu juga terdapat burung beo jenis snegal, parkit bersayap merah tua, rangkong berjambul putih, Rangkong dengan kantong yang melingkar, Lesser Coucal, dan juga elang hitam india. Sebagai kawasan hutan yang berkabut, Kalimantan memiliki sejumlah koleksi burung yang memiliki habitat di daerah dengan tingkat curah hujan yang tinggi. Misalnya burung melati nikobar, Bulwer’s Wattled Pheasant, Javan Great Rhinoceros Hornbill, Crested Serpent Eagle, dan masih banyak lagi.

jawa baliTengok pula elang jawa dan elang naga di area konservasi Jawa sambil diiringi dengan suara merdu dari burung Jawa penyanyi yang bergema diantara dedaunan. Lihat pula koleksi lainnya seperti burung peri biru Asia, jalak asia beraneka warna, kepodang, rangkong asia, burung murai, burung pipit jawa, parkit berkumis dan masih banyak lagi. Di dalam area Bali, anda bisa melihat burung Jalak Bali yang termasuk dalam daftar burung langka di dunia dan masuk dalam daftar yang hewan yang dikonservasi. Selain itu juga terdapat burung pegar berekor merak warna perunggu, burung dara berleher cincin putih, burung merpati hijau kecil, myna jawa, beo nias, hingga pelican australia.

papua dan koleksi burung hantuDaerah Papua juga dikenal dengan sejumlah burungnya yang eksotis bagaikan burung surga. Tengok saja kasuari yang biasanya hidup di hutan lebat di dataran rendah dan  Western Crowned Pigeon yang merupakan burung merpati paling indah dengan jambul berenda biru. Sejumlah binatang eksotis lainnya ialah kasuari berleher emas, Red Bird of Paradise, merak jawa hijau, lory hitam, merak india biru, dan sejumlah burung surga lainnya. Sementara untuk koleksi burung hantu bisa dilihat di rumah tradisional toraja dengan taman sekitarnya yang indah. Salah satu koleksinya adalah Barred Eagle Owl yang memiliki telinga berjumbai.

souvenir shopPuas menikmati semua koleksi Bali Bird Park, kini waktunya anda beraktivitas bersama mereka, mulai dari memberi mereka makan ataupun berfoto bersama mereka. Anda juga bisa melihat bagaimana burung-burung ini berkembang biak. Bali Bird Park juga memberi alternatif satwa dengan menghadirkan komodo dimana pengunjung bisa melihat kala hewan naga purba ini diberi makan. Dapatkan pula  pengalaman virtual yang menakjubkan di bioskop 4D. Ada pula restoran dan tempat pembelian souvenir untuk berbagai cindera mata khas Bali Bird Park. Yuk kenalkan dunia burung pada si kecil dengan berkunjung ke Bali Bird Park yang buka mulai pukul 09.00-17.30 dengan tiket masuk sebesar US $ 27.50 + 12 % general tax untuk dewasa dan anak-anak sebesar US $ 13.75 + 12 % general tax.

Refrensi:

http://www.bali-bird-park.com/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *