Akhir Pekan Seru Di Ubud

desa-ubudMenghabiskan akhir pekan di tempat yang tenang dan dipenuhi dengan tanaman hijau tentu menyenangkan. Paling tidak anda bisa sejenak bersembunyi dari segenap rutinitas yang melelahkan dan merefresh diri untuk kembali bersemangat di hari Senin. Dan salah satu tempat di Bali ini bisa menjadi pilihan. Ya, kawasan Ubud memang telah terkenal sejak dulu untuk beristirahat dan menenangkan diri. Udara di sekitar sini cukup sejuk karena lokasinya yang berada di area persawan dan hutan. Karena alamnya yang indah, Ubud bahkan menjadi salah satu lokasi syuting film hollywood berjudul Eat, Pray, and Love yang diangkat dari buku berjudul sama. Karena film yang dibintangi Julia Robert ini, Ubud semakin terkenal di kalangan dunia. Selain itu Ubud juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang berkembang dengan pesat dan maju. Banyak seniman besar yang lahir di Ubud. Beragam tempat wisata, mulai dari wisata alam, sejarah, seni, hingga wisata belanja bisa ditemukan di Ubud. Yuk, mulai menjelajahi Ubud dengan beragam aktivitas seru.

1. Trekking dan Bersepeda ke Desa Tegalalang

ceking-tegalalangAlam Ubud masih dipenuhi dengan area persawahan yang luas karena sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani. Salah satunya adalah Desa Tegalalang. Desa yang berada di atas ketinggian dengan lereng yang curam ini, menjadikan area presawahan penduduk dibuat terasiring. Dan sawah-sawah yang berundak tersebut ternyata memiliki pemandangan yang menakjubkan bagaikan lukisan. Apalagi dengan keberadaan perbukitan yang ada di sekitarnya semakin melengkapi keindahan alamnya. Aktivitas para petani yangmasih tradisional tersebut bisa menjadi obyek foto yang menakjubkan untuk kamera anda. Anda bisa melakukan trekking ataupun bersepeda untukmelihat keindahan desa ini lebih dekat sembari bercengkrama dengan para petani Tegalalang yang ramah. Info Desa Tegalalang lainnya bisa anda baca di sini.

2. Menenangkan Diri dengan Yoga

kayumanis_ubud_yogaUbud juga menyediakan fasilitas yoga yang kualitasnya sudah terkenal hingga ke mancanegara. Hal ini didukung dengan kondisi Ubud yang tenang dan alamnya yang hijau sehingga mampu menjadikan pikiran lebih rileks dan segar. Banyak tempat yoga yang buka di Ubud, tempat wisatawan belajar yoga baik untuk profesional ataupun pemula. Bahkan sejumlah hotel yang ada di Ubu juga memberikan fasilitas yoga, sebagian ada yang berbayar namun banyak juga yang gratis. Terutama hotel yang memiliki pemandangan sawah atau sungai banyak memberikan fasilitas ini. Jadi untuk menikmati indahnya alam Ubud dan segarnya udara pagi di sana bisa dilakukan dengan yoga.

lukisan di puri lukisan3. Belajar Seni Di Museum

Sebagai daerah seni, kesenian Ubud, terutama lukisannya, tidak hanya bisa dinikmati oleh orang-orang tertentu. Lukisan-lukisan tersebut bisa pula dinikmati masyarakat luas dengan berkunjung ke museum. Ada banyak museum lukisan di Ubud yang bisa didatangi mulai dari Museum Anatonio Blanco, Museum Puri Lukisan yang memajang berbagai lukisan modern, Museum Rudana yang penuh filosofi, dan Arma Museum yang bukan hanya sekedar museum.

ukiran desa mas4. Belanja Ukiran Di Desa Mas

Kesenian Ubud tidak hanya lukisan, namun Ubud juga memiliki sejumlah kesenian lainnya yang salah satunya adalah ukiran. Jika anda ingin berbelanja ukiran langsung dari pengerajinnya, anda bisa mengunjungi Desa Mas yang hanya berjarak 20 km dari Denpasar. Anda bisa melihat langsung proses pembuatan ukiran oleh para pengerajin ini sekaligus melihat keunikan lain desa ini seperti keberadaan pohon beringin besar di setiap sudut desa, patung bayi Brahma Lelare, dan Vihara Amurya Bhumi yang berada di bawah jembatan dan terletak persis di bibir sungai Sakah.

5. Melihat Tingkah Lucu Monyet di Monkey Forest Ubud

monkey-forest-ubudSelain di Pura Bukit Sangeh, hutan monyet juga bisa dijumpai di Ubud. Monyet yang ada di sini pun berjenis sama, yakni monyet ekor panjang. Tempat yang juga dikenal dengan nama Mandala Wisata Wenara Wana ini menjadi tempat tinggal sekitar 650 ekor monyet dengan pemimpinnya masing-masing. Hutan dengan luas mencapai 12 hektar ini termasuk tempat yang dianggap suci karena terdapat Pura Madia Mandala dan Pura Dalem Agung Padangtegal di dalamnya. Hutan monyet ini berada di jalan utama Ubud dan hanya berjarak 30 km dari Denpasar.

Masih banyak lagi aktivitas seru yang bisa dilakukan selama di Ubud. Kita lanjut untuk postingan berikutnya ya …. Gak perlu khawatir karena berwisata di Ubud cukup ramah di kantong kok 😉 Apalagi jika anda menggunakan paket wisata, semakin ramah dan gak perlu pusing dengan biaya-biaya lainnya. Happy weekend and happy holiday 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *