Air Terjun Juwuk Manis, Si Mini yang Indah

air terjun juwuk manisAlam Bali yang begitu indah dan masih alami memang tidak cukup jika hanya dijelajahi dalam waktu satu hari. Bahkan meski beberapa kali telah bertandang ke Bali masih banyak tempat yang belum dikujungi. Salah satunya adalah untuk obyek wisata alam, mulai dari pantai, danau, hingga air terjun hampir bisa dipastikan ada beberapa yang tersembunyi dan belum terlalu banyak dikenal wisatawan sehingga semakin menumbuhkan rasa ingin tahu untuk menjelajahi Bali lebih mendalam. Nah jika anda penikmat suasana pegunungan, terutama jika anda suka mandi di bawah air terjun, ada satu tempat yang patut anda kunjungi. Lokasinya berada di Dusun Juwuk Manis, Desa Manggis Sari, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, yakni Air Terjun Juwuk Manis. Jika biasanya sejumlah air terjun memiliki ketinggian yang lumayan tinggi sehingga memancarkan air yang luar biasa, namun tidak demikian halnya dengan Air Terjun Juwuk Manis dimana ketinggiannya hanyalah 4 m. Meski demikian air terjun ini menawarkan pesona yang tak kalah indah dengan air terjun yang lainnya.

air-terjun-juwuk-manis (1)Air Terjun Juwuk Manis bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin menyendiri dan istirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan yang melelahkan. Sekalipun usaha untuk mencapai lokasi air terjun ini cukup menguras tenaga dan membutuhkan pengorbanan. Hal ini dikarenakan wisata Air Terjun Juwuk Manis masih belum terkelola dengan baik. Namun dengan keasrian dan kealamian suasana yang ditawarkan, rasanya semua perjalanan panjang dan melelahkan tersebut pantas untuk dilakukan. Dari Denpasar, anda perlu menempuh jarak sejauh 75 km menuju Gilimanuk. Sejauh ini kondisi jalan masih baik dan beraspal mulus hingga tiba di perempatan Desa Pangyangan. Selanjutnya anda harus belok kanan dan melewati jalan yang berkelok dan sempit hingga tiba berada di area parkir Air Terjun Juwuk Manis yang berada tak jauh dari kantor Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Juwuk Manis.

joging-di-Persawahan-Juwuk-ManisSesampainya di area parkir Air Terjun Juwuk Manis anda masih harus melanjutkan perjalanan sejauh 1 km dengan berjalan kaki karena kondisi jalan yang cukup sempit dan curam. Jalan terssebut merupakan jalan setapak yang berada diantara perkebunan cengkeh dan kopi milik penduduk desa. Bagi anda yang gemar berolahraga, terutama yang menyukai kegiatan trekking, hal ini tak terlalu masalah. Sebaliknya untuk yang jarang berolahraga maka fisik dan stamina mereka akan ditantang. Selain stamina dan tenaga yang harus kuat, untuk menuju ke Air Terjun Juwuk Manis juga dibutuhkan kewaspadaan ekstra karena setelah melewati jalan setapak masih harus menurunia anak tangga yang cukup curam. Di sepanjang petualangan anda, udara yang sejuk dan juga perbukitan yang menghijau dan masih alami menjadi teman perjalanan anda. Bau kopi dan cengkeh yang berasal dari bunga-bunga kopi dan cengkeh di perkebunan penduduk menjadikan perjalanan anda dipenuhi dengan keharuman yang khas.

Air-terjun-Juwuk-ManisSemua keindahan tersebut terlengkapi begitu anda tiba di lokasi Air Terjun Juwuk Manis. Jernih airnya cukup menggoda anda untuk segera menikmati kesegaran airnya dan menghilangkan rasa penat perjalanan tadi. Meski dengan ketinggian yang tak seberapa, namun Air Terjun Juwuk Manis memiliki dua titik air terjun yang berdampingan. Jadi jika anda pergi ke sana teman gak perlu rebutan untu mandi di bawah pancuran ai terjun 😉 Kedua air terjun tersebut langsung jatuh kolam kecil di bawahnya yang bisa digunakan pengunjung untuk mandi. Seusai berkeringat karena perjalanan jauh langsung jadi segar lagi dengan mandi di Air Terjun Juwuk Manis. Jadi jangan lewatkan untuk bertandang ke si mini dengan pemandangan indah ini ya ….

Refrensi:

http://www.anythingbali.com/keindahan-air-terjun-juwuk-manis-yang-menyegarkan/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *